BBGRM Pasaman Resmi di Tabuh, Benny Utama : Pencanangan disinergikan Dengan TMMD

Pasaman (Rangkiangnagari) - Pencanangan  Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kabupaten Pasaman dengan tema “Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Sinergikan Program TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) Dengan Pemerintah, Berbagi Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama resmi ditabuh Bupati Pasaman, H.Benny Utama di Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Senin (23/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pasaman mengatakan, pencanangan kali ini terasa sangat istimewa, alasan bupati, karena dapat disenergikan dan dikoloborasikan dengan program TMMD/N ke-113 yang telah dimulai semenjak 11 Mei 2022, dengan lokasi di Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol ini berupa pembukaan dan pembangunan ruas jalan Bonjol menuju Suliki yang telah lama ditunggu dan diimpikan oleh seluruh masyarakat, khususnya sanak saudara kita di Kecamatan Bonjol.

Saat ini kita masih berada dalam era pandemi Covid-19, karena itu Bupati H Benny Utama, pada kesempatan ini juga mengajak, melalui bulan bhakti gotong royong masyarakat tahun 2022 ini, bersama-sama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan (Prokes) pada setiap kesempatan yang ada.

Terhadap pencanangan gotong royong yang dilaksanakan ini, mengingat kembali, betapa pentingnya nilai gotong royong bagi kehidupan kita sehari-hari. Adapun tujuan umum pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju penguatan integritas sosial melaksanakan pembangunan.

Untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai gotong royong, pemerintah daerah telah membuat kebijakan dengan menyediakan anggaran melalui APB nagari untuk kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong disetiap nagari di Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan secara partisipatif, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil kegiatan pembangunan untuk seluruh masyarakat nagari.

Khusus kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN), bupati menghimbau agar BBGRM jadikan sebagai wujud nyata kiprah dalam membangun nagari masing-masing ditengah gencarnya slogan nagari membangunan dengan memberdayakan segenap unsur yang ada.

Dijelaskan Bupati Benny Utama, untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini Bupati Pasaman telah mengeluarkan Keputusan Nomor 188.45/222/BUP-PAS/2022, tentang pembentukan tim koordinasi bulan bhakti gotong royong masyarakat Kabupaten Pasaman tahun 2022.

Ada 3 hal yang diminta Bupati H Benny Utama pada kegiatan bulan bhakti ini; pertama, mengajak untuk meningkatkan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan masyarakat dalam membangun melibatkan seluruh lapisan masyarakat nagari.

Kedua, meningkatkan kemampuan dan kesadaran warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berdasarkan kebersamaan keanekaragaman adat dan budaya guna mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui kegiatan gotong-royong masyarakat.

Ketiga, menanamkan dan menumbuh kembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab sosial masyarakat dalam memelihara hasil pembangunan yang telah dilaksanakan, sehingga fasilitas yang dibangun berumur panjang dan memberikan dampak dalam peningkatan ekonomi masyarakat, kata bupati. (Tio).

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.