DHARMASRAYA RAIH PENGHARGAAN NIRWASITA TANTRA

Jakarta (RangkiangNagari) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengganjar penghargaan Nirwasita Tantra kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk kategori pemerintah daerah kabupaten kecil di Auditorium Dr. Ir. Soejowo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (20/7/2022).
Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Menteri LHK Dr, Alue Dohong atas Nama Presiden Joko Widodo kepada Bupati Sutan Riska Tunku Kerajaan yang diwakili Asisten II Yefrinaldi, didampingi Plt Kapala Dinas Lingkungan Hidup Silaturrahim,    S.KM, MH.
Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu mengatakan penghargaan itu bukan pertama kalinya diraih Kabupaten Dharmasraya.
Bupati mengucap syukur atas penghargaan yang kembali diraih. Bupati juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada perangkat daerah, masyarakat dan seluruh pihak terkait lainnya yang sudah ikut mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Dharmasraya.
"Alhamdulillah, semoga prestasi ini tetap dapat kita pertahankan. Bukan sebagai target untuk mengejar prestise, tapi wujud kepedulian dan komitmen untuk tetap menjaga dan memperbaiki kualitas lingkungan demi kelangsungan hidup dan memberi manfaat untuk generasi di masa datang," tandas bupati.
Pelaksana Tugas (Plt)Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dharmasraya Silaturahim, menambahkan Nirwasita Tantra merupakan penghargaan untuk kepala daerah bersama legislatif yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di setiap daerahnya.
Penghargaan Nirwasita Tantra dimulai sejak Tahun 2016 sampai sekarang. Pada tahun 2021 provinsi kabupaten kota yang memberikan usulan total sebanyak 1127 dokumen, masing2 untuk provinsi 145, kabupaten 691, dan kota sebanyak 301.
Proses penghargaan telah melewati beberapa tahapan mulai dari mengirimkan dokumen, penapisan tahap awal, penapisan tahap dua, dan tahap akhir pengiriman video untuk penetapan pemenang.
Penghargaan ini dipisahkan dalam beberapa kategori, tingkat provinsi, tingkat kabupaten besar, sedang, kecil, dan tingkat kota besar, dan sedang kecil. Kabupaten Dharmasraya meraih kategori pemerintah daerah untuk kabupaten kecil.
Ditambahkannya tiga kabupaten yang menerima penghargaan yang sama, yaitu Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kabupaten Siak.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.