Latest News

Dibuka Sekda Pessel Mawardi Roska Menyambut I Muharram 1444 H BKS Lumpo Gelar MTQ

Painan (Rangkiangnagari) - Bapati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, diwakili, Sekda, Mawardi Roska. Membuka Lomba Musubaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Se Wilayah Lumpo, Kecamatan IV Jurai. Kegiatan  berlangsung 30 Juli 2022/ 1 Muharram 1444 H di Masjid Raya Pahlawan Lumpo. 

Hadir Dalam Pembukaan MTQ Se Wilayah Lumpo tersebut. Camat IV Jurai, Deni Suryati, Kepala KUA, Betriadi, Wali Nagari, Ketua BKS Lumpo,Gontralis, Ketua Panitia MTQ, Syafri Dodi.Ketua Pengurus Masjid Raya Pahlawan Lumpo, Zulkifli,AS, para guru TPQ dan segenap tokoh masyarakat di sebelas nagari yang ada di Wilayah Lumpo. 

Mengawali sambutannya, Sekda Pessel, Mawardi Roska menyampaikan ucapan terima dengan terselenggaranya MTQ antar TPQ SE Wilayah Lumpo itu. 

“Atas nama pemerintah daerah kita mengucapkan terima kasih, kepada segenap panitia dan semua pihak yang turut berpartisipasi mensukseskan acara mulia ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar hendaknya." Ungkap Sekda, Mawardi Roska. 

Selanjutnya, Sekda Mawardi Roska menyampaikan. Belajar Al-Qur'an,serta ilmu agama adalah senjata yang paling ampuh untuk menjaga akhlak generasi muda. Apalagi di zaman modern ini, tantangan hidup cukup banyak. 

Dengan kegiatan MTQ yang diselenggarakan dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H. Menurut Sekda, Mawardi Roska, berarti kita telah berupaya untuk menciptakan generasi yang lebih baik di masa mendatang.  

Dalam kesempatan itu Sekda, Mawardi Roska juga mengapresiasi keberhasilan IV Jurai meraih Peringkat 2 dalam MTQ Ke-40 Tingkat Pessel di Rahul Tapan lalu. 

“Kita baru saja menyelesaikan MTQ Tingkat Kabupaten dan IV Jurai Juara Umum 2. Namun, apalah artinya juara itu, kalaulah dalam keseharian kita tidak dapat mengamalkan ilmu yang kita miliki itu."tutur Sekda Mawardi Roska. 

Sementara itu Camat IV Jurai, Deny Suryati, dalam sambutannya mengapresiasi panitia dan para guru TPQ yang tergabung dalam BKS Lumpo. Menurutnya, Kegiatan MTQ adalah sebuah kegiatan positif yang diselenggarakan oleh panitia. 

“Kita berterima kasih pada semua panitia yang telah mengangkat acara MTQ ini. Ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi pendidikan generasi muda kita. Semoga acara ini berjalan dengan lancar hendaknya,"ungkap Camat Deni Suryati. 

Kepala KUA IV Jurai, Betriadi dalam sambutannya mengatakan. Pihaknya juga mengapresiasi BKS TPQ Wilayah Lumpo. Menurutnya, dalam rangka Peringatan I Muharram 1444H, dengan kekompakan para guru TPQ acara Lomba MTQ tersebut dapat diselenggarakan. 

Kedepan,KUA Betriadi berharap, semua BKS yang ada di Wilayah IV Jurai hendak terus meningkat perangnya dalam menyuarakan berbagai kegiatan keagamaan. Seperti didikan Subuh dan lainya. 

Ketua Panitia MTQ, Syafri Dodi dalam laporannya menyampaikan. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan motivasi generasi muda untuk belajar Al-Qur'an. Selain itu juga untuk meningkatkan silaturahmi antar masyarakat di wilayah Lumpo yang terdiri dari 11 Nagari.

MTQ Se Wilayah Lumpo yang diselenggarakan dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1444H tersebut. Menurut laporan panitia diikuti oleh 28 TPQ yang terdapat di Sebelas nagari di wilayah Lumpo.

Adapun cabang yang diperlombakan adalah, MTQ, Pidato Cilik (Pildacil), Praktek Sholat Jenazah, Tahfidz Qur'an dan Qasidah Rebana. (Rn/Dd)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dibuka Sekda Pessel Mawardi Roska Menyambut I Muharram 1444 H BKS Lumpo Gelar MTQ Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana