Jemaah Haji Padang Panjang Tiba 12 Agustus

PADANG PANJANG (RangkiangNagari) – Kepulangan jemaah haji Kota Padang Panjang dijadwalkan akan berlangsung 12 Agustus mendatang.

Diperkirakan rombongan jemaah ini akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman pada pukul 02.25 WIB dinihari.

“Semoga jemaah tetap sehat dan diberi kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT dalam melaksanakan ibadah sampai akhir nanti dan pulang memperoleh haji yang mabrur,” sebut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Padang Panjang, Endang Sriyeni, Kamis (21/7/2022).

Dijelaskannya, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya dari Petugas Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (PPIHI), H. Dasrial Syamsuar, Lc dari Kota Mekkah, 37 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 8 Embarkasi Padang ini, telah melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dengan sempurna.

Mereka telah melakukan Tawaf Ifadhah dan Sa’i sebagai tanda Tahallul Tsani.

“Selain Tawaf Wada sebagai perpisahan dengan Masjidil Haram. Hingga hari ini jemaah haji melakukan rutinitas salat lima waktu di Masjidil Haram maupun di musala hotel. Jemaah haji juga telah melakukan umrah sunnah beberapa kali,” ungkapnya.

Ditambahkannya, selama di Kota Mekkah, jemaah haji berencana melakukan ziarah tempat bersejarah. Rencana tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu lusa.

Kloter 8 Embarkasi Padang ini berjumlah 138 jemaah dan dua petugas kloter. Namun ada beberapa jemaah mengalami batuk kering berdahak.

Pasien yang sakit diperiksa perawat kloter secara rutin, juga diberikan arahan dan saran terhadap pentingnya menjaga kesehatan pascahaji.

“Jemaah haji menerima makanan sebanyak tiga kali sehari sesuai waktunya. Makanan terdiri dari nasi, daging/ikan dan sayuran/kerupuk. Jemaah haji juga menerima buah-buahan seperti jeruk, apel, pisang, kurma dan buah lainnya,” sebutnya.

Ditambahkan Endang, saat ini pihaknya telah menerima kiriman paket Air Zamzam yang difasilitasi Tim Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk air Zamzam sudah sampai di Kemenag. Insyaa Alllah dibagikan kepada jemaah saat kedatangan nanti yang akan difasilitasi PT Pos,” terangnya.

 

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.