Latest News

Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka secara resmi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Tiumang

DHARMASRAYA (RangkiangNagari) – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka secara resmi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Tiumang. Acara ini dilaksanakan di Lapangan Bola Kaki Jorong Koto Hilalang Nagari Sungai Langkok Kecamatan Tiumang, Senin, (29/08/22). Acara ini dihadiri  juga oleh Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Forkopimca Tiumang, Kepala Dinas Kesehatan dan undangan lainnya.
Kata Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa kondisi covid-19 yang sudah bisa dikatakan membaik, namun tidak membuat kita lalai dengan disiplin terhadap protocol kesehatan. Sekarang perlu kewaspadaan kita lagi dengan penyakit cacar monyet yang sudah mulai berkembang di Negara Asia. Melalui Germas dapat dilakukan edukasi terhadap masyarakat seperti, selalu menggunakan masker jika beraktifitas di luar rumah. Selalu menjaga jarak aman, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, berprilaku hidup bersih dan sehat dan vaksinasi covid-19.
Dari data PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) per-Juni 2022 Kecamatan Tiumang wilayah kerja UPT Puskesmas Tiumang IKS (INdeks Keluarga Sehat) diperoleh 0,14. Dari 12 Indikator dapat dilihat hasilnya sebagai berikut, keluarga mengikuti program KB dengan hasil 82 persen. Ibu melakukan persalinan di Fasilitasi Kesehatan dengan hasil 27,3 persen, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap dengan hasil 50 persen.
Bayi mendapat ASI ekslusif dengan hasil 69,3 persen. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan dengan hasil 58,9 persen, penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar dengan hasil 100 persen. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur dengan hasil 38,2 persen. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan dengan hasil 78 persen. Anggota keluarga tidak ada yang merokok dengan hasil 30,2 persen. Keluarga sudah menjadi anggota JKN dengan hasil 35,6 persen. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih dengan hasil 98 persen, keluarga mempunyai akses atau mempunyai jamban dengan hasil 98,2 persen.

“Tingginya angka penyakit tidak menular dan rendahnya perilaku masyarakat sangat memerlukan suatu upaya pencegahan dengan pola hidup sehat. Diharapkan masyarakat telah melaksanakan kegiatan-kegiatan promotif dan preventif, terutama yang berhubungan dengan perubahan perilaku masyarakat. Untuk itu, Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik. Hari ini kita semua berkumpul di Lapangan Bola kaki ini untuk melaksanakan Germas yang melibatkan OPD terkait, organisasi profesi, organisasi wanita, peran serta masyarakat dan dunia usaha sesuai dengan Indtruksi Presiden RI Nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” kata Bupati.
Berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada acara Germas antara lain, senam, penyuluhan kesehatan, makan buah dan sayur serta demo gosok gigi missal. Pelayanan dokter spesialis, pelayanan PTM, pelayanan KB, IVA test dan donor darah, vaksinasi Covid-19, pelayanan Dukcapil, SIM-Keliling, pajak kendaraan bermotor, BPJS. Lomba posyandu lansia dan lomba kuliner nagari serta pameran bonsai. Selain itu, pelantikan anggota Saka Bhakti Husada (SBH) SMA 1 Sitiung.
“Atas nama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, saya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, sebagai wujud peran serta kita dalam meningkatkaan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Serta ucapan terima kasih kepada Camat Tiumang dan jajarannya serta UPT Puskesmas Tiumang sebagai pihak penyelenggara. Dan saya menghimbau kepada saudara-saudara sekalian melalui Germas agar mengkampanyekan Germas melalui hidup sehat dan perilaku hidup bersih dan sehat,” pungkas Bupati.


 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka secara resmi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Tiumang Rating: 5 Reviewed By: Umarzam