Bupati Safaruddin Dorong Peningkatan Kemampuan Digitalisasi IKM, Ini Tujuannya

Limapuluh Kota (RangkiangNagari) - Sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) tak dapat disangkal memiliki peran penting dalam menopang perekonomian daerah, sehingga peningkatan kapasitas IKM terus menjadi fokus Pemerintah Daerah. Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk memperluas jangkauan pasar dan daya saing IKM yakni, melalui transisi sistem pemasaran menggunakan teknologi digital.
Untuk mendukung peningkatan kemampuan digitalisasi IKM tersebut, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perinaker) menyelenggarakan Pelatihan digitalisasi manajemen dan pemasaran produk IKM bagi 50 orang pelaku industri di Limapuluh Kota. Diselenggarakan di Hotel Shago Bungsu II Lubuak Batingkok, Senin (5/9/2022).
Pelatihan dibuka secara langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin. Turut hadir pada kegiatan pembukaan pelatihan, Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asta, Kepala Dinas Perinaker Ferry Chofa, dan narasumber yang berasal dari ISI Padang Panjang Ferry Fernando beserta tim pendamping.
Bupati Safaruddin dalam sambutannya mengapresiasi, terselenggaranya kegiatan Pelatihan kali ini, sehingga dapat menjadikan IKM yang ada di Limapuluh Kota "Naik Kelas", Ia sebut, keluhan utama dari IKM di Limapuluh Kota dihadapkan pada kesulitan untuk memasarkan produknya, karena hanya dilakukan secara konvensional. Dengan pelaksanaan "Transfer Ilmu" selama tiga hari tersebut, pihaknya berharap dapat membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Lima Puluh Kota semakin inovatif dan lihai dalam dunia pemasaran digital.
"Tantangan bisnis di era digitalisasi media ini membutuhkan kompetensi tersendiri, sehingga para pengusaha harus mampu beradaptasi dan bertahan terhadap gempuran kemajuan zaman," ungkapnya.
Ia menyampaikan, dengan berbagai hambatan, baik dari faktor kondisi geografis, maupun Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri. Pelatihan kali ini dapat menjadi harapan bagi para pelaku UMKM di Lima Puluh Kota agar lebih mahir mengakses dan mengelola digital marketing.
"Kami berharap kepada dinas dan instansi terkait, untuk terus memberikan bimbingan dan pendampingan kepada para peserta, agar dapat terus mengembangkan strategi dan kompetensinya dalam menghadapi era revolusi industri," ucap Bupati.
Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra dalam arahannya, mengajak para pelaku usaha untuk bertukar pikiran serta menimba ilmu sebanyak- banyaknya dari para narasumber dan peserta lainnya, sehingga dapat disebarluaskan kepada rekan IKM lain yang ada di Limapuluh Kota.
Pihaknya juga mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Limapuluh Kota dengan ISI Padang Panjang yang terwujud dalam pelatihan kali ini. "Dengan pelatihan yang dilaksanakan, semoga dapat memberikan wawasan terhadap pelaku usaha terutama dalam pemasaran produk secara online," harap Deni Asra.
Sementara itu Kepala Bidang pembinaan dan pengawasan Industri Zulfahmi menjelaskan, pelatihan kali ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan usaha serta meningkatkan pemasaran produk yang dihasilkan.
"Setelah melalui verifikasi IKM, telah terpilih sebanyak 50 IKM dari berbagai komoditas tenun, sulaman, batik tulis dan aneka makanan yang ada di Limapuluh Kota untuk diberikan pelatihan selama tiga hari, mulai dari  5 hingga 7 September 2022.

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.