Latest News

PEMKAB SE-PROVINSI SUMBAR JALIN KERJASAMA DENGAN SEMEN PADANG

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bersama para Bupati Se-Provinsi Sumatera Barat melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama pembangunan daerah dengan PT. Semen Padang. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Pertemuan, PT. Semen Padang, Senin (26/09/2022).

Hadir dalam kesempatan itu Direktur Utama PT. Semen Padang, Asri Mukhtar, beserta komisaris, diataranya Khairul Jasmi dan Werry Darta Taifur.  Sedangkan para kepala daerah yang hadir  adalah, Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Bupati Pasaman, Benny Utama, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Bupati Solok Selatan, Khairunnas, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Bupati Lima Puluh Kota, Safarudin, Panjabat Bupati Mentawai Martinus Dahlan, Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, sedangkan Bupati Agam diwakili Sekda, Edi Busti.  Kegiatan turut disaksikan Gubernur Sumbar, diwakili Asisten Ekonomi dan Kesra, Syafruddin.

Sutan Riska yang juga Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), didaulat memberi sambutan mewakili seluruh kepala daerah yang hadir, menyampaikan apresiasi kepada PT. Semen Padang atas inisiatif kerjasama yang telah disepakati. 

Menurutnya, pemerintah kabupaten dengan Semen Padang soyogianya perlu saling mendukung agar pembangunan di daerah-daerah berjalan lancar, serta berdampak postitif juga terhadap pabrik semen tertua di Indonesia itu.

“Pada dasarnya, selama ini pemerintah kabupaten telah ikut berkontribusi (membesarkan) Semen Padang melalui pembangunan-pembangunan infrastruktur yang dilakukan di seluruh Sumatera Barat”, ujar Sutan Riska.

Dia menjelaskan, jika rata-rata kabupaten mengalokasikan belanja pembangunan infrastruktur sebesar Rp. 100 Miliar saja, maka dari dua belas kabupaten se Provinsi Sumatera Barat setidaknya akan belanja bahan baku sebesar Rp. 1,2 Triliun yang sebagian besarnya mengalir ke PT. Semen Padang.

Oleh karena itu, sebagai hubungan timbal balik, Sutan Riska meminta agar program-program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Padang juga membawa manfaat bagi pemerintah daerah. Salah satu program unggulan yang menjadi daya tarik menurutnya adalah program Bank Sarok, sebuah aplikasi pengelolaan sampah.

“Bank Sarok ini bagi kami sangat menarik, karena dapat membantu kami dalam meraih Piala Adipura, lewat aplikasi pengelolaan lingkungan itu”, terang Sutan Riska.

Sutan Riska juga mengharapkan CSR PT. Semen Padang juga mengalirkan bantuan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa di setiap kabupaten. Katanya, pengembangan dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah perlu dukungan, agar dapat berkontribusi positif bagi kemajuan daerah.

“Intinya kami dua belas Kabupaten Kota, siap bekerjasama dengan PT. Semen Padang, dan ke depan agar komunikasi yang baik untuk dapat dijaga dan ditingkatkan lagi hendaknya”, pungkas Sutan Riska. (Rn/Tm)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: PEMKAB SE-PROVINSI SUMBAR JALIN KERJASAMA DENGAN SEMEN PADANG Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana