Latest News

TANJUANG BUNGO BAROLEK GODANG, BUPATI RESMIKAN BALAI ADAT DAN LEWAKAN GALA PANGULU

TANJUANG BUNGO (RangkiangNagari) - Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo , memberikan apresiasi kepada Wali Nagari dan Niniak Mamak NagariTanjuang Bungo, Kecamatan Suliki, atas suksesnya penyelenggaraan peresmian Balai Adat Palito Anjuang Nagari Tanjuang Bungo dan Malewakan Gala Pangulu, di jorong lancar, Sabtu (10/09).

Tim Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota melaporkan, pada kesempatan itu Bupati kembali mengingatkan peran penting mamak merangkul kemenakan, untuk senantiasa berangkulan dalam membangun Nagari Tanjuang Bungo. Terlebih di zaman digital ini, ninik mamak berperan besar untuk mengarahkan kemajuan generasi di kaumnya.

"Upaya memajukan anak kemenakan tersebut dapat terwujud jika setiap Pangulu memiliki kesadaran untuk peningkatan kemampuan kepemimpinan dan pengetahuan", ungkap Bupati Safaruddin.

Selain itu, para Datuak hendaknya mampu mempertahankan kearifan lokal yang ada di Tanjuang Bungo, sehingga invasi budaya luar yang menginfiltrasi kedalam adat budaya Minangkabau dapat diatasi.

"Tidak hanya itu, Tigo Tungku Sajarangan (Niniak Mamak, Alim ulama, Cadiak Pandai) dan Walinagari harus bersinergi dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki Nagari Tanjuang Bungo", harap Bupati Safaruddin.

Senada dengan Bupati Safaruddin, Wali Nagari Tanjuang Bungo Yefriandi merasa bersyukur atas suksesnya pagelaran Baralek Gadang Tanjuang Bungo Kali ini. Seterusnya ia turut mengucapkan selamat kepada niniak mamak yang dilewakan gelarnya semoga dapat bersinergi dalam membangun Nagari.

Yefrin juga mengajak seluruh masyarakat, generasi muda, perantau untuk bergandengan tangan dalam memajukan nagari sehingga mendukung program Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

Alek Gadang masyarakat Tanjuang Bungo dalam melewakan gelar dari Penghulu/Pangulu Kaampek Suku (Pitopang, Chaniago, Pisang Malayu) ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Wendi Chandra, Anggota DPRD Limapuluh Kota (Dapil Suliki, Bukik Barisan, Gunuang Omeh) Doni Ikhlas, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari Endra Amzar, Ketua LKAAM Zulhikmi Dt.Rajo Suaro, Forkopimca, Unsur Nagari dan Niniak Mamak. 


#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: TANJUANG BUNGO BAROLEK GODANG, BUPATI RESMIKAN BALAI ADAT DAN LEWAKAN GALA PANGULU Rating: 5 Reviewed By: Umarzam