BUPATI SAFARUDDIN TERIMA PENGHARGAAN HAKLI UNTUK INOVASI “MAHKOTA BERLIAN

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) A. Sumantri berikan penghargaan kepada Bupati Lima Puluh Kota,Safaruddin Datuk Bandaro Rajo, karena dinilai telah berinovasi dalam mengelola lingkungan melalui Gerakan Mahkota Berlian.

Sertifikat Penghargaan itu diterima Ketua TP-PKK Limapuluh Kota Nevi Safaruddin, mewakili Bupati Lima Puluh pada Seminar Nasional HAKLI di Padang, Sabtu (10/09).

Gerakan “Mahkota Berlian” bermula dari gagasan Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, Pemukiman dan Perumahan (LHPP), perangkat daerah terkait serta TP-PKK berupa aksi penyadaran pentingnya K-3 di tingkat individu dan kelompok masyarakat terlebih di tempat umum dan destinasi wisata.

 “Kita bersyukur atas penghargaan ini. Tentu akan menambah semangat untuk menggalakan “Mahkota Berlian” secara luas", tuturNevi Safaruddin seperti dikutip Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kepala Dinas LHPP Yunire Yunirman mengucapkan syukur atas diterimanya penghargaan ini. "Dengan dukungan Perangkat Daerah terkait serta masyarakat, sehingga bisa terwujud lingkungan yang sehat di daerah kita,” tuturnya.

Yunire mengungkapkan, Gerakan Mahkota Berlian yang dicanangkan secara resmi Bupati Safaruddin pada Maret 2022 di Destinasi Wisata Kapalo Banda (Wakanda) telah bergulir di berbagai nagari dan sejumlah tempat wisata.

Selain Perangkat Daerah terkait, komponen penggerak Mahkota Berlian adalah Pemerintahan Nagari, Kader PKK, Dasa Wisma, Pengelola Destinasi Wisata serta kalangan pendidik, pelajar dan siswa.

“Dengan melibatkan pelajar dan siswa, kita ingin perilaku hidup bersih, lingkungan yang sehat, sedari dini telah dipahami oleh pelajar dan siswa,” tambah Kadis LHPP Yunire.

Selain itu, dari catatan Diskominfo pada pencanangan Gerakan Mahkota Berlian pada tanggal 18 Maret 2022 lalu di Wakanda, Bupati Safaruddin mengatakan Mahkota Berlian selaras dengan kampanye yang digaungkan oleh PKK Lima Puluh Kota, yakni menuju Lima Puluh Kota bebas sampah.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.