Festival Makan Bajamba Menuju Wisata Halal di Nagari Padang Laweh

LUBUK BASUNG (RangkiangNagari) – Masyarakat Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam melakukan festival makan bajamba menuju wisata halal, Minggu (23/10/2022). Kegiatan yang diawali dengan maarak jamba itu dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar Syaifullah dan dilepas oleh Bupati Agam diwakili Kadis Parpora Agam Syatria. Arak-arakan warga mencapai ratusan orang yang terdiri berbagai lapisan masyarakat di Kecamatan Sungai Pua.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Sumbar Nofrizal, Anggota DPRD Kabupaten, Feri Adrianto dan Aderia, Ketua TP PKK Kabupaten Agam Ny Yenni Andri Warman, Camat Sungai Pua, walinagari, wali jorong, niniak mamak, dan tokoh masyarakat Sungai Pua.
Makan bajamba di Nagari Padang Laweh memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dengan makan nasi lamak dan pinyaram. Selama ini, budaya itu sudah mulai hilang di Nagari Padang Laweh.

Festival budaya makan bajamba itu dikemas menjadi paket wisata kuliner yang dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Diharapkan bisa dilaksanakan setiap tahun untuk mengundang wisatawan berkunjung ke Nagari Padang Laweh, sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

“Nantinya anak muda dapat mempelajarinya mengenai makan bajamba dan mereka bisa melestarikan budaya tersebut kepada anak cucu kita,” Kadis Parpora Agam.

Sementara, Kadis Kebudayaan Provinsi Sumbar Sayfullah, menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara melestarikan kebudayaan di Sumbar khususnya di Nagari Padang Laweh, Kabupaten Agam. Karena, budaya makan bajamba merupakan salah satu warisan yang mendunia yang harus dilestarikan keberadaannya.

Ia berharap, para pemuda dan pemudi anak nagari dapat melestarikan budaya yang sangat mendunia tersebut karena akan menyelamatkan budaya itu sendiri dari kepunahan.

“Makan bajamba merupakan budaya yang sangat mendunia, mari kita lestarikan dengan melibatkan para muda mudi untuk mencegahnya dari kepunahan budaya lokal yang mendunia ini,” ungkapnya.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.