Latest News

TERBUKA UNTUK UMUM, LOMBA INOVASI DAERAH DILAUNCHING

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan diwakili Sekretaris Daerah, Adlisman, Launching  Gerakan Inovasi Untuk Dharmasraya (AKSI UDHA), dan Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Daerah Tahun 2022. Acara ini dihadiri Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan Pengelola Inovasi OPD, di Aula Kantor Bupati Setempat, Rabu, (12/10/22).

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan apresiasi atas peluncuran inovasi yang digawangi oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Dharmasraya. Inovasi merupakan salah satu aspek budaya birokrasi yang sangat mempengaruhi keberhasilan reformasi birokrasi. 

Akan tetapi, inovasi belum menjadi hal utama dari budaya birokrasi di Indonesia. Inovasi di dunia pemerintahan akan sulit dilakukan apabila masih banyak pegawai yang tidak terpacu untuk berubah. Membentuk pemerintahan yang inovatif tampaknya masih belum optimal mengingat kesadaran untuk selalu berinovasi masih menyisakan ruang untuk perbaikan. Padahal inovasi sangat penting untuk dilakukan pada setiap lapisan pemerintahan demi tercapainya pemerintahan yang baik atau "good governance".

"Ini adalah hal yang sangat membanggakan dan saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Perangkat Daerah yang telah bekerja sama, bahu membahu menjadikan Dharmasraya sebagai Kabupaten Inovatif pada perhelatan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021, " ujar Sekda Adlisman.

AKSI UDHA ini dimaksudkan untuk menciptakan budaya inovasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan masyarakat umum dalam rangka peningkatan kinerja, pelayanan publik dan daya saing daerah. 

Selanjutnya, hal tersebut diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan di daerah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat meningkatkan kemandirian, daya saing, dan daya Tarik daerah serta Meningkatkan pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk pembangunan berkelanjutan yang menghasilkan Invensi dan Inovasi bagi daerah.

Dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, peningkatan pelayanan publik, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta daya saing daerah Kabupaten Dharmasraya, maka Kabupaten Dharmasraya akan mengadakan Lomba Inovasi Daerah Tahun 2022. Peserta lomba adalah berasal dari ASN, OPD dan Kecamatan, Sekolah dan dari unsur masyarakat umum.

"Penghargaan atas Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022 akan diberikan kepada unsur masyarakat dan Perangkat Daerah yang berhasil menerapkan kreativitas dan inovasi dalam memberikan nilai kemanfaatan bagi masyarakat dan dapat menumbuhkan budaya inovasi di lingkungan masing-masing. Penghargaan tersebut berupa Piagam Penghargaan Bupati, Tropi dan uang binaan, " ujar Sekda Adlisman.

Sebagai upaya pengembangan inovasi lebih lanjut Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah menggagas pembentukan Gerakan Inovasi Untuk Dharmasraya. Gerakan Inovasi ini merupakan program pendampingan, asistensi dan fasilitasi guna mendorong dan menumbuh kembangkan kesadaran, semangat dan aksi nyata inovasi Pemerintah Kabupaten Dharmasraya di sektor publik. 

Gerakan Inovasi ini juga diperlukan untuk memonitoring dan mengevaluasi inovasi-inovasi yang sudah diciptakan dan dilaksanakan untuk memastikan inovasi-inovasi tersebut selalu berkembang dan disesuaikan dengan perubahan kondisi yang dinamis.

Sementara, selaku yang pengampu kegiatan, Kepala Bapppeda Kabupaten Dharmasraya, Paryanto, menyatakan siap membantu OPD, masyarakat , pelajar dan mahasiswa untuk memberikan motivasi agar lebih kreatif dan inovatif serta membantu terkait pemenuhan dokumen indeks inovasi daerah.

 "Mulai saat ini seluruh OPD agar dapat bekerja sama untuk menjadikan Dharmasraya sebagai Kabupaten Sangat Inovatif Tahun 2023, " ujar Kepala Paryanto. (Rn/Wy)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: TERBUKA UNTUK UMUM, LOMBA INOVASI DAERAH DILAUNCHING Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana