Latest News

TINJAU PERSIAPAN PILWANA SERENTAK 2022, Sutan Riska : Distribusi Logistik Harus Menjadi Perhatian

Dharmasraya (Rangkiangnagari) -  Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama unsur Forkopimda meninjau persiapan pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari Serentak 2022 di Nagari IV Koto Pulau Punjung dan Nagari Sungai Kambuik, Kecamatan Pulau Punjung, Selasa (4/10/2022).

Dalam kunjungan tersebut Sutan Riska didampingi Kapolres AKBP Nurhadiansyah, Kajari M Harris Hasbullah, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Hasto Kuncoro, dan Camat Pulau Punjung. 

Dihadapan Panitia Pemilihan Nagari, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu meminta kepada panitia penyelenggara agar dapat bekerja secara maksimal dan transparan agar terciptanya pilwana yang jujur dan adil. 

Kemudian, dengan waktu yang tidak lama lagi Sutan Riska berpesan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasinya antara panitia, Polri dan TNI serta pihak terkait lainnya. 

"Kehadiran kami disini adalah bentuk dukungan penuh kepada panita agar bagaimana penyelenggaraan pilwana tahun ini dapat berjalan sukses tanpa ada kendala yang berarti dilapangan," bebernya. 

Menurut Sutan, hal yang tidak kalah penting dalam suksesnya penyelenggaraan pilwana adalah bagaimana persiapan hingga pendistribusian logistik harus benar-benar menjadi perhatian panitia ditingkat nagari. 

"Panitia harus memastikan percetakan surat suara harus segera dituntaskan, begitu juga logistik lainnya seperti kotak dan bilik suara harus sudah siap. Dan yang paling penting bagaiamana pendistribusiannya, ini sudah dipetakan mana saja daerah-daerah yang rawan banjir dan longsor, terlebih saat ini dalam musim hujan," ungkap bupati dua periode itu. 

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Hasto Kuncoro menambahkan sebayak 131 calon telah ditetapkan sebagai calon wali nagari yang akan bertarung di 43 nagari yang melaksanakan Pilwana serentak 2020.

Sesuai tahapan Pilwana yang sedang berjalan saat ini adalah masa kampanye yang sudah dimulai 1 sampai 16 Oktober, masa tenang 17 sampai 19 Oktober. Sedangkan Pemungutan dan penghitungan suara digelar 20 Oktober. 

Selanjutnya, Bamus nagari menyampaikan calon walinagari terpilih kepada bupati 21 Oktober 2022, penyelesaian perselisihan hasil pemilihan 22 Oktober sampai 21 November. Sedangkan pelantikan walinagari terpilih 8 Desember 2022..

Pemkab Dharmasraya berharap seluruh masyarakat serta pihak terkait mendukung pemilihan wali nagari serentak 2022 agar terlaksana secara demokrasi, jujur dan adil, serta berjalan aman dan kondusif.(Rn/Wy)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: TINJAU PERSIAPAN PILWANA SERENTAK 2022, Sutan Riska : Distribusi Logistik Harus Menjadi Perhatian Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana