Latest News

Uda dan Uni Pasaman 2022 terpilih, Ini Pesan Bupati Pasaman, Benny Utama

Pasaman (Rangkiangnagari) - Pemilihan Uda uni di Kabupaten Pasaman berlangsung selama 3 hari dari tanggal 20 sampai 22 Oktober yang di ikuti oleh 26 orang peserta yang terdiri perwakilan kecamatan dan Dinas instansi di Kabupaten Pasaman 

Keseluruhan peserta tersebut terlebih dahulu dikarantina untuk dibina dan diseleksi dari berbagai faktor kemampuan dari masing masing peserta, hal tersebut disampaikan kepala Kadisporabudpar Pasaman Ade Harlien saat Malam puncak Grand Final pemilihan Uda - Uni Kabupaten Pasaman di Gedung Olah Raga Tuanku Rao Lubuksikaping Minggu Malam 22 Oktober 2022.

Ade Harlien juga menambahkan, dari 26 orang peserta 15 wanita dan 11 orang pria, tersebut dalam babak grand final menjadi 10 orang yang terdiri dari 5 orang wanita dan 5 orang pria.

Dan untuk peserta yang mendapatkan gelar Uda dan Uni  pada pemilihan saat ini ,nantinya akan mewakili Kabupaten. Pasaman untuk pemilihan Uda uni tingkat Sumatera Barat yang diselenggarakan pada bulan November ini, tambah Harlien.

Kegiatan ini diselenggarakan guna mempersiapkan putra putri terbaik yang berprestasi yang mampu menjadi Uda Uni wisata Kabupaten Pasaman dan sebagai usaha peningkatan pelayanan informasi dan promosi Kabupaten Pasaman. Tambah Ade.

Sementara itu Bupati Pasaman H.Benny Utama  saat membuka secara resmi kegiatan Grand Final Pemilihan Uda Uni tersebut, menyebutkan kegiatan pemilihan Uda Uni ini merupakan rangkaian ivent yang kita selenggarakan Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam rangka promosi wisata Pasaman, salah satunya program prioritas Kabupaten Pasaman yakni Pasaman Tujuan Pariwisata.

Dalam kesempatan tersebut, Benny Utama berharap dengan pemilihan Uda uni ini akan mampu menemukan generasi Pasaman yang punya penampilan menarik secara fisik, cerdas intelektualnya, beradab dan berbudaya serta berimtaq.

"Para generasi - generasi tersebut diharapkan menjadi duta wisata yang mempromosikan wisata Pasaman ketingkat Provinsi, Nasional dan Internasional, "Saya Optimis peserta grand final Uda Uni Tahun 2022 ini mampu untuk itu," tutur Benny utama.

Disamping itu Benny utama juga memberikan apresiasi terhadap terkait yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan baik, Selain itu pada pihak group tari pasambahan yang memberikan penampilan yang memukau, Benny utama tidak menduga bahwa seluruh personil tari tersebut merupakan putra dan putri Pasaman yang patut dibanggakan dan perlu  di lestarikan, tutup Benny Utama.

Bertindak selaku dewan juri pada Uda Uni Kabupaten Pasaman tersebut antar lain, Ny. Susi Benny Utama dari Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman sebagai juri kehormatan, Derlianti, SPd, S.ST dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar sebagai juri bidang Pariwisata.

Choiruddin Batubara, SE, dari Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman sebagai juri bidang Ilmu pengetahuan umum, Mansyur Nuursuud, SE dari Ketua AAPMI sebagai juri Etika dan Kepribadian, M.Luthfi Akbar, ST, M.Eng sebagai juri Public Speaking dan Silvia Tirza ,SPd dari Bundo Kandung sebagai juri bidang adat dan budaya.

Dalam malam grand final yang disaksikan oleh ribuan masyarakat tersebut terpilih Foby Williando sebagai Uda Pasaman dan Monic Putri sebagai Uni Kabupaten Pasaman, yang di pilih langsung oleh Bupati Pasaman dan Ketua Dekranasda Pasaman ,yang sebelumya telah ditetapkan oleh dewan juri.

Selain itu untu Uda Wakil I, diraih oleh M. Syaiful dan Uni Wakil I, Abigel Ferti Yovi, Uda Wakil II,M. Dandi Sahputra dan Uni Wakil II, Zaini Aulia Yahya.

Dan untuk Uda Persahabatan dinobatkan pada M.Ikbal dan Uni Persahabatan Nur Aspah, seterusnya untuk Uda Favorit diraih oleh oleh Eri Sri Wahyudi dan Uni Favoritoleh Monic Putri, sementara itu untuk Uda Berbakat diraih oleh Ferdi Andesta dan Uni Berbakat oleh Viona Helviando. (Rn/Tio)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Uda dan Uni Pasaman 2022 terpilih, Ini Pesan Bupati Pasaman, Benny Utama Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana