Kalah dari Prancis U-20, STY: Indonesia Lelah dan Takut

JAKARTA (RangkiangNagari) – Pelatih tim nasional U-20 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, rasa lelah dan takut membuat anak-anak asuhnya kalah dengan skor telak 0-6 pada laga persahabatan di Murcia, Spanyol, Jumat dini hari WIB.

“Kondisi pemain belum pulih. Mereka kelelahan setelah menjalani TC (pemusatan latihan-red) di Turki,” ujar Shin, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta usai pertandingan.
Timnas U-20 Indonesia tiba di Spanyol, usai menuntaskan TC di Turki, pada Selasa (15/11) dan baru menjalani latihan perdana keesokan harinya waktu Spanyol.

Artinya, timnas U-20 hanya memiliki kurang dari dua hari untuk mempersiapkan diri melawan Prancis.

Menurut Shin, karena masih letih pascaperjalanan jauh dari Turki, timnas U-20 pun melakukan kesalahan-kesalahan kala bersua Prancis.

“Kesalahan-kesalahan itu membuat kami kemasukan gol. Kami harus mengevaluasi ini,” tutur Shin.

Selain soal fisik, Shin Tae-yong juga menyoroti soal mental anak-anak asuhnya yang belum tangguh.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan kerap kalah sebelum bertanding ketika bertemu tim-tim yang kualitasnya lebih baik dengan postur pemain lebih tinggi.

“Kami harus menyingkirkan pikiran takut seperti itu. Sebenarnya kemampuan pemain bagus tetapi rasa takut mengakibatkan mereka melakukan kesalahan. Pemain pun tidak bisa melakukan yang terbaik,” kata Shin.

Pertandingan melawan Prancis menjadi yang pertama bagi timnas U-20 Indonesia di Spanyol. Berikutnya, skuad berjuluk “Garuda Nusantara” akan menghadapi Slovakia pada Sabtu (19/11).

Laga persahabatan timnas U-20 Indonesia di Spanyol, yang dilakukan di sela pemusatan latihan (TC), menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki.

Selama TC di Turki, yang berlangsung 16 Oktober-13 November 2022, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Indonesia mengalahkan Cakallikli Spor dengan skor 2-1, Moldova (3-1) dan Antalyaspor (3-2).

Selain itu, timnas U-20 menahan imbang tanpa gol Moldova dan seri 3-3 dengan tim U-20 Baerum SK. Kekalahan datang saat menghadapi Turki (1-2) dan Al Adalah FC (0-2).

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

 

#Rn

Labels: , , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.