Latest News

Peringati Hari Pahlawan, Ratusan Warga Kota Padang Heningkan Cipta di Jalan Raya

PADANG (RangkiangNagari) – Masyarakat dan pengendara di Kota Padang mengheningkan cipta selama 60 detik di jalan raya, Kamis (10/11/2022), tepatnya di Perempatan Jalan Masjid Raya Sumatera Barat.

Kegiatan itu dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022. Mereka yang saat itu berada di jalan raya, berhenti dan ikut hikmat mengheningkan cipta. Semua kendaraan hening, tidak ada klakson.
Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya mengatakan, kegiatan itu dalam rangka mengajak masyarakat, terutama pengendara kendaraan bermotor untuk mengenang jasa para pahlawan selama 60 detik
“Selama ini peringatan Hari Pahlawan difokuskan di perkantoran. Kali ini kita mencoba melibatkan pengendara di jalan raya sehingga gezahnya di tengah masyarakat menjadi lebih luas lagi,” katanya.

Ratusan orang pengendara yang sedang berhenti di traffic light di perempatan tersebut diajak untuk ikut mengheningkan cipta sejenak mengenang jasa pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Para pengendara roda dua dan roda empat secara spontan turun dari kendaraan. Berdiri bersama mengirimkan doa bagi arwan pahlawan.

Hilman menyebut peringatan di jalan raya itu tidak hanya digelar di Kota Padang tetapi juga di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

“Kita akan evaluasi kegiatan ini. Jika dirasakan manfaatnya, akan kita jadikan sebagai salah satu agenda rutin tahunan,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan kegiatan itu adalah salah satu upaya melibatkan langsung seluruh warga untuk mengingat dan menghargai jasa pahlawan.

Menurutnya, kegiatan itu upaya bersama-sama dengan seluruh warga Kota Padang untuk kita menghargai jasa pahlawan. Mengenang mereka, semoga ditempatkan disisi-Nya.

Hendri Septa juga mengatakan, dengan kegiatan itu sekaligus mengajak warga Kota Padang dan pengguna jalan untuk tetap bersemangat menjadikan para pahlawan suri tauladan.

“Kita kirimkan doa bagi arwah para pahlawan karena dengan perjuangan dan pengorbanan merekalah generasi saat ini bisa menikmati kemerdekaan,” ujarnya.

Ia juga mengajak warga Kota Padang terutama generasi muda untuk terus mempedomani semangat juang para pahlawan dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

Ikut hadir dalam kesempatan itu, Dandim 032 Padang Kolonel Inf. Jadi, SIP dan Kapolres Padang Kombespol Ferry Harahap.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Peringati Hari Pahlawan, Ratusan Warga Kota Padang Heningkan Cipta di Jalan Raya Rating: 5 Reviewed By: Umarzam