Latest News

Kabar Gembira untuk Kapur IX, Bupati Safaruddin Resmikan Fasilitas UGD Modern Puskesmas Muaro Paiti

Limapuluh Kota (Rangkiangnagari) - Kabar gembira untuk warga Kecamatan Kapur IX dan sekitarnya. Setelah lama mengidamkan sebuah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang representatif, modern dan sesuai standar pelayanan kesehatan. Akhirnya, pada Sabtu, (07/01/2023), hal itu terjawab, sejalan dengan peresmian  fasilitas tambahan di Unit Gawat Darurat (UGD), berupa bangunan UGD , Ruang Rawat Inap, Alat Ultrasonografi (USG) dan Elektrokardiografi (EKG) oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuk Bandaro Rajo di Puskesma Muaro Paiti, Kapur IX. Tambahan fasilitas IGD  menelan biaya total Rp 1,5 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) kesehatan 2022, bakal jadi andalan Puskesmas Kapur IX, untuk melayani warga pada kecamatan terluas, paling timur Kabupaten Limapuluh Kota berjarak 113,5 Km dari RSUD Suliki.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Syamsul Mikar beserta anggota DPRD daerah pemilihan Kapur IX dan Pangkalan, Syamsu Wirman, Darlius, Irman Tedi, Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Kepala Dinas Kesehatan Adel Nofiarman, Forkopimca, Wali Nagari Muaro Paiti Marsis, dan Kepala Puskesmas Muaro Paiti dr.Putri Nilam Sari. "Puskesmas, merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan pertama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang berperan penting dalam membangun kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Melalui peresmian fasilitas IGD dan fasilitas pendukung di Puskesmas Muaro Paiti hendaknya berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di Kapur IX," ungkap Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo saat mengawali sambutannya.

Di bagian lain sambutannya Bupati Safaruddin mengatakan, pengadaan sejumlah fasilitas IGD dan fasilitas penunjang kesehatan lainnya seperti ambulance, kendaraan roda dua Pusling, alat USG, dan lainnya merupakan upaya nyata Pemerintah Limapuluh Kota untuk mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Bupati Safaruddin juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan sarana dan prasarana kesehatan yang ada di Puskesmas Muaro Paiti. Tidak hanya itu, Ia mendorong masyarakat untuk memeriksa kesehatan secara berkala demi mencegah berbagai penyakit yang akan mendera. “Untuk para pelayan kesehatan terus kembangkan diri dalam melayani masyarakat dan berikan pelayanan prima dengan tidak membedakan status sosial pasien," pungkas Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Syamsul Mikar dalam sambutannya mengungkapkan, dukungan fasilitas instalasi gawat darurat (IGD) pada UGD yang representatif di Puskesmas Muaro Paiti hendaknya mampu menanggulangi permasalahan kesehatan masyarakat Kapur IX tanpa harus jauh ke Rumah Sakit Umum Daerah yang berada di Kecamatan Suliki. "Melalui penyediaan fasilitas layanan rawat inap, kami berharap agar pelayanan kesehatan bisa lebih maksimal dan meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat secara signifikan," ujar Syamsul Mikar. Kemudian dikatakan Syamsul Mikar, disamping pembangunan fisik pelayanan kesehatan yang terus digenjot, DPRD Limapuluh Kota akan terus memperjuangkan nasib para pegawai yang masih berstatus honorer maupun sukarela untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Adel Nofiarman dalam laporannya mengatakan, penambahan bangunan Puskesmas Muaro Paiti yang diresmikan Bupati Safaruddin dilengkapi dengan ruang IGD  yang didukung oleh sejumlah fasilitas, diantaranya, ruang persalinan, paska persalinan dan rawat inap yang dilengkapi dengan EKG dan USG. Adel juga menjelaskan, untuk tahun 2022, pembangunan lain yang dilaksanakan di Puskesmas Muaro Paiti yaitu aula serbaguna dan rehabilitasi rumah dinas kepala Puskesmas.(Rn)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kabar Gembira untuk Kapur IX, Bupati Safaruddin Resmikan Fasilitas UGD Modern Puskesmas Muaro Paiti Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana