Latest News

Repsol Honda Gaet Mantan Dirtek Suzuki Ecstar, Positif buat Joan Mir

Jakarta (RangkiangNagari) - Repsol Honda resmi gaet mantan direktur teknis Suzuki Ecstar. Ken Kawauchi sebelumnya bekerja sama dengan Joan Mir, mantan pembalap Suzuki Ecstar yang kini memperkuat Repsol Honda.

Kawauchi mengambil alih posisi Takeo Yokoyama yang kini menjadi teknisi muda Honda di Jepang. Kabar baik bergabungnya mantan direktur teknis Suzuki Ecstar ersebut diungkap langsung oleh Alberto Puig selaku manajer Repsol Honda.
“HRC telah mengontrak Ken Kawauchi sebagai manajer teknis. Mengambil keuntungan dari penarikan Suzuki dari kejuaraan dunia,” ujar Puig, dilansir dari laman resmi MotoGP, Sabtu (21/1/2023).

“Ken akan menggantikan Takeo Yokoyama, yang, pada gilirannya, akan bertanggung jawab untuk melatih para insinyur muda yang kami miliki di Jepang, sehingga ketika saatnya tiba mereka akan siap untuk Eropa, baik secara teknis dan manusia,” lanjutnya.

“Takeo adalah bagian penting dari HRC, dan posisi barunya akan menentukan masa depan perusahaan di dunia balap. Kokubu-san, sementara itu, tetap menjadi direktur teknis,” sambungnya.

Selain itu, perombakan tidak hanya terjadi sampai di situ saja. Tim berlogo sayap emas itu juga melakukan pergantian dengan memasukan Ramon Aurin ke dalam tim penguji, Klaus Nohles yang akan menjadi kepala kru Takaaki Nakagami di LCR Honda, kemudian Giacomo Guidotti menjadi kepala kru Joan Mir.

“Kami telah mengatur ulang, dimulai dengan tim uji, di mana Ramon Aurin datang, yang memiliki banyak pengalaman dengan RCV dan mengetahui sejarah motor. Ramon telah membalap untuk waktu yang lama dan pengalamannya akan menjadi fundamental untuk balapan,” ujarnya.

“Klaus Nöhles, yang menempati posisi ini hingga sekarang, akan menjadi kepala kru Takaaki Nakagami. Giacomo Guidotti kembali ke Repsol Honda (sebagai kepala kru Mir), di mana dia beberapa tahun lalu [bersama Dani Pedrosa]. Di sisi Marc, semuanya tetap sama,” terang Puig.

Masuknya sosok Kawauchi memang cukup menyita perhatian. Sebab, Honda tidak hanya merekrut dua mantan pembalap Suzuki Ecstar. Dengan begitu, Kawauchi pun akan reuni bersama Mir.

Hadirnya Kawauchi tentu saja diharapkan bisa membawa perkembangan Honda ke arah yang positif. Selain itu, dia juga diharapkan dapat membantu Mir mudah beradaptasi dengan motor Honda RC213V.

Sebelumnya bersama Suzuki Ecstar, Joan Mir pernah sukses menjadi juara dunia MotoGP 2020. Kini, sang pembalap asal Spanyol diharapkan bisa membantu Repsol Honda bangkit setelah keterpurukan pada musim 2022 lalu. 


#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Repsol Honda Gaet Mantan Dirtek Suzuki Ecstar, Positif buat Joan Mir Rating: 5 Reviewed By: Umarzam