Bersama Bupati dan Lainya H Darizal Basir Hadiri Wisuda Akbar Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman

Painan (Rangkiangnagari) - Anggota DPR RI Komisi I Fraksi Partai Demokrat, H.Darizal Basir. Menghadiri Wisuda Akbar ke -7 Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman , Asam Kumbang, Nagari Puluik-Puluik Selatan, Minggu (26/2/2023). 

Kehadiran Bupati Pessel Periode (1995-2005) tersebut, sekaligus dalam rangka Reses Masa Persidangan III Tahun 2022/ 2023.

Hadir dalam acara Wisuda Akbar ke 7 Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman tersebut. Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, Dewan Syariah Darul Qur'an KH. Ahmad Kosasih, Kakan Kemenag Pessel, H. Abrar Munanda, Kepala KUA, Camat, Wali Nagari, segenap Pengurus Yayasan Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, H. Darizal Basir mengapresiasi Panitia dan segenap pengurus Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman Asam Kumbang atas terselenggaranya Wisuda Akbar ke 7 itu. 

"Saya sangat mengapresiasi para pengurus Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman ini. Hari ini telah melahir Wisudawan dan Wisudawati para Penghafal Al-Qur'an. Semoga kegiatan ini diberkahi Allah SWT hendaknya." Ungkap H. Darizal Basir. 

Selanjutnya, H. Darizal Basir mengucapkan rasa bangga dan haru terhadap santri- santri yang telah banyak menghafal kitab suci Al-Qur'an itu. Menurutnya, hal itu perlu diperhatikan oleh semua pihak termasuk pemerintah daerah. 

"Dulu semasa saya jadi Bupati Pessel, saya juga telah merencanakan agar di Pesisir Selatan ini kelak bisa melahirkan generasi muda yang Qur'ani, cedas dan berakhlak."  

Dijelaskan H. Darizal Basir semasa pemerintahannya sebagai bupati, Pemerintah Pesisir Selatan telah mempersiapkan lokasi dengan nama Islamic center di Sago.

Namun sebutnya, rencana itu kandas ditengah jalan dan tidak diteruskan oleh pemimpin setelahnya. 

"Meskipun rencana saya untuk mewujudkan sarana pendidikan yang berbasis Islam tersebut belum terwujud. Namun hari ini saya bangga karena sudah banyak Rumah Tahfiz yang bermunculan di Pessel, seperti Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman ini," tambah H. Darizal Basir. 

Dalam kesempatan itu, H. Darizal Basir memberikan bantuan dana untuk para santri yang di wisuda pada hari itu.

Bahkan sebagai bentuk nya terhadap para penghafal Al-Qur'an. H. Darizal Basir juga berwakaf satu unit kendaraan bermotor untuk Penghafal Al-Qur'an terbanyak yang diwisuda pada hari itu. 

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, dalam sambutannya juga mengapresiasi keluarga besar Yayasan Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman. Ia bangga karena lembaga pendidikan itu telah melahirkan generasi yang qurani dan berakhlak. 

"Atas nama pemerintah daerah,saya mengucapkan terima kasih pada segenap pengurus dan panitia yang telah melakukan edukasi yang baik selama ini." Ungkap Bupati Pessel Rusma Yul Anwar. 

Selanjutnya, Bupati Rusma Yul Anwar juga mengucapkan terima kasih pada Anggota DPR RI H Darizal Basir yang telah mendukung dan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan peningkatan SDM masyarakat di daerah ini. Terutama dalam kegiatan Wisuda Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman yang ke 7 ini. 

Dalam kesempatan itu Bupati Rusma Yul Anwar juga memberikan bantuan untuk Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman. 

Sebelumnya, Kakan Kemenag Pessel, H. Abrar Munanda. Dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan Wisuda Akbar itu. Pihaknya juga mendorong agar ke depan kegiatan wisuda dan pembelajaran Al Qur'an dapat ditingkatkan lagi. 

Terdapat 136 Santri yang di Wisuda pada Wisuda Akbar ke 7 Rumah Tahfiz Syekh Abdurrachman Tahun 2023 itu. Dari 136 tersebut, terdapat satu orang penghafal Al-Qur'an yang hafalannya, 25 Just. Setelah itu ada yang hafal 20 just, 18 just, 15 hingga 1 just. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.