Latest News

Dihadiri Plt Camat Dan Kepala KUA FK- LPQ IV Jurai Gelar Uji Kompetensi Guru TPQ

Painan (Rangkiangnagari) - Forum Komunikasi Lembaga Pendidikan Qur'an (FK-LPQ) Kecamatan IV Jurai menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi Guru TPQ se wilayah itu 

Bertempat di Masjid Agung Al-'Amilin Painan, kegiatan itu diikuti oleh 262 orang peserta dari seluruh TPQ yang ada di Kecamatan IV Jurai. 

Kegiatan Uji Kompetensi Guru TPQ tersebut dibuka oleh Plt Camat IV Jurai, Fero Yuanda Putri. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala KUA IV Jurai, Zaimal Elpetani, penyuluh agama Islam, Wali Nagari serta segenap panitia. 

Plt Camat IV Jurai Fero Yuanda Putri, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih pada panitia yang sudah melakukan kegiatan itu. 

Menurutnya, uji kompetensi guru TPQ se wilayah itu sangatlah penting, guna meningkatkan kualitas guru pendidikan Qur'an ke depannya. 

"Guru TPQ nantinya akan mendidik generasi muda kita menjadi lebih baik. Justru itu sangatlah tepat kiranya kegiatan ini dilakukan, agar para guru memiliki kompetensi yang lebih baik lagi," ungkap Plt Camat Fero Yuanda Putri. 

Sebagai pemerintah kecamatan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. Ia kedepan akan mencoba untuk memasukan dalam Musrenbang. Sehingga dapat juga dilakukan kegiatan pelatihan atau pembinaan bagi guru TPQ di wilayah itu. 

Kepala KUA IV Jurai, Zaimal Elpetani. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa, saat ini seluruh lembaga TPQ harus sudah terdaftar di aplikasi Emis dan Sipdar PQ. Untuk dapat masuk ke  aplikasi itu para guru TPQ harus memiliki, Syahadah  (sertifikat pendidik). 

Justru itu, sebut KUA IV Jurai Zaimal Elpetani setiap guru harus mengikuti ujian kompetensi. 

Lebih lanjut dikatakan KUA, Zaimal Elpetani, guna meningkatkan kualitas guru TPQ di wilayah kecamatan itu. Jajaran KUA IV Jurai juga terus melakukan pembinaan setiap Kamis sore. 

Selain itu untuk santri TPQ pihak KUA juga melakukan kegiatan BISAQU (Bina Santri Qur'an) di KUA setiap Rabu.

"Kita jajaran KUA IV Jurai siap untuk melakukan pembinaan, dalam rangka peningkatan kualitas guru dan santri yang ada di wilayah kecamatan ini,"ujarnya.

Ketua  FK- LPQ Kecamatan IV Jurai, Alifendi yang sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Uji Kompetensi Guru TPQ dalam laporannya menyampaikan. 

Kegiatan itu terselenggara berkat kerja sama semua TPQ yang ada di wilayah kecamatan itu. 

Adapun sebutnya jumlah peserta sebanyak, 262 orang. Ujian berlangsung selama satu hari untuk perserta dibagi menjadi 5 lokal dengan tenaga penguji sebanyak 5 orang. (Rn/Dd)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dihadiri Plt Camat Dan Kepala KUA FK- LPQ IV Jurai Gelar Uji Kompetensi Guru TPQ Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana