Indonesia vs Burundi 2-2

BEKASI (RangkiangNagari) – Tim Nasional (Timnas) Indonesia ditahan Burundi 2-2 di pertemuan kedua pada FIFA Matchday Maret 2023 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Bara, pada Selasa (28/3/2023) malam WIB. Dalam pertemuan kedua melawan wakil Afrika tersebut, Timnas Indonesia yang awalnya unggul lebih dulu justru gagal menang karena ditahan 2-2.

Gol Timnas Indonesia diciptakan oleh Witan Sulaeman yang baru dimainkan di babak kedua. Witan sukses meneruskan umpan dari Dendy Sulistyawan dan mencetak gol di menit 61.
Lalu gol kedua Timnas Indonesia dicetak oleh Jordi Amat. Amat mencetak gol ketika Indonesia sedang tertinggal 1-2 di pengujung laga.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak menit pertama, Timnas Indonesia langsung berusaha untuk menguasai jalannya laga. Namun, Burundi kali tampil berbeda, mereka justru cukup banyak menguasai bola.

Kendati demikian, para pemain Burundi lebih banyak bermain di wilayah sendiri dan tengah lapangan. Meski banyak menguasai bola, nyatanya tim tamu tetap kesulitan menembus duet Elkan Baggott dan Jordi Amat yang tampil kukuh di lini belakang Timnas Indonesia.

Kerap diserang, skuad Garuda pun masih beberapa kali mendapatkan kesempatan menyerang. Stefano Lilipaly menjadi salah satu penggawa Garuda yang banyak menjadi sorotan karena mampu merepotkan pertahanan Burundi, begitu juga Dendy Sulistyawan.

Lalu pada menit 24, Edo Febriansyah yang bermain sebagai fullback kiri tiba-tiba ditarik dari lapangan. Edo terlihat kesakitan dan harus digantikan dengan Pratama Arhan.

Masuknya Pratama Arhan justru menambah daya gedor dari sisi kiri penyerangan Timnas Indonesia. Terlihat Pratama sempat mengeluarkan teknik lemparan ke dalam yang memang menjadi salah satu kekuatannya.

Namun, hadirnya Pratama tak membuat Timnas Indonesia bisa mencetak gol. Alhasil, skor 0-0 menghiasi hasil pada babak pertama.
Lihat juga: Ferry Irawan Rutin Minta Jatah Hubungan Badan pada VennaMemasuki babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan Witan Sulaeman untuk menggantikan Stefano Lilipaly. Lalu tak lama pada menit 59, Asnawi Mangkualam pun dimainkan usai menggantikkan Pratama Arhan.

Masuknya dua pemain tersebut membuahkan hasil manis. Sebab Witan berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol di menit 61.

Berawal dari Dendy Sulistyawan yang bergerak dari sisi kiri pertahanan lawan, ia lantas melepaskan umpan silang yang dapat diambil oleh Witan. Witan yang berdiri bebas lantas langsung melepaskan tendangan dan membuat Timnas Indonesia unggul.

Tertinggal membuat Burundi langsung bergerak menyerang. Tiga pemain baru dimasukkan pada 79. Hasilnya, Burundi sukses menyamakan kedudukan.

Tepatnya di menit 80, tendangan bebas Christophe Nduwarugira sukses memberikan umpan manis kepada Saido Berahino yang dengan mantap menyundul bola ke gawang Timnas Indonesia. Syahrul sejatinya mampu menipis sundulan Berahino, namun bola ternyata terlalu kencang sehingga tepisan bola tetap mengarah ke gawang.

Setelahnya, Burundi terus menekan pertahanan Timnas Indonesia. Di pengujung laga, gawang Timnas Indonesia kembali dibobol.

Lagi-lagi bek Timnas Indonesia kalah duel udara. Kali ini Pacifique Niyongabire yang dapat mencetak lewat sundulan usai menerima umpan dari rekannya.

Ketika laga hampir berakhir, Timnas Indonesia mendapatkan tendangan bebas. Marc Klok yang bertugas menendang pun dapat memberikan umpan manis yang sanggup diteruskan oleh Jordi Amat hingga tercipta gol. Skor 2-2 bertahan hingga laga berakhir.

Berikut Daftar Line Up Timnas Indonesia vs Burundi:

Timnas Indonesia XI (4-4-2): Syahrul Trisna; Yance Sayuri, Elkan Baggott, Jordi Amat, Edo Febriansyah; Yakob Sayuri, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Stefano Lilipaly; Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan.

Cadangan: Daffa Fasya, Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Hansamu, Fachruddin Aryanto, Dzaky, Ferarri, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Dony Tri, Rachmat Irianto, Riko Simanjuntak.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Burundi XI: Rukundo Onosime, Muhindo Mashauri, Harerimana Rasyid, Kamsoba Elvis, Nahimana Shassiri, Nduwarugira Christophe, Nshimirimana Ismail, Nshimirimana Jospin, Saido Berahino, Musore Aaron, Shabani Hussein

Pelatih: Etienne Ndayiragije

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.