Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Warga Ampuan Lumpo Malamang Basamo

Painan (Rangkiangnagari) - Guna membangkitkan kembali tradisi malamang dalam kehidupan masyarakat. Warga Nagari Ampuan Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, menggelar acara Malamang Basamo, Kamis (20/4/23). 

Acara  itu dilakukan dalam rangka menyambut para perantau yang pulang kampung  di Hari Raya Idhul Fitri 1444 H. 

Bertempat di lokasi pembangunan Masjid Amalur Rahman, Kampung Pasar, Nagari Ampuan Lumpo. Acara itu dihadiri Wali Nagari Ampuan Lumpo, Syahrial R. Tokoh masyarakat Lumpo yang juga mantan Ketua DPRD Pessel, Mardinas N Syair. niniak mamak, alim ulama, bundo kanlduang dan segenap tokoh masyarakat setempat. 

Wali Nagari Ampuan Lumpo, Syahrial R. Kepada sejumlah media di lokasi acara menyampaikan. Pihaknya menyambut baik keinginan masyarakat untuk menggelar acara malamang basamo di nagari itu. Apalagi tradisi tersebut hampir hilang ditelan zaman. 

"Atas nama Pemerintah Nagari Ampuan Lumpo, Kita menyambut baik kegiatan malamang basamo ini.  Kita berharap acara ini bisa mempererat silaturahmi antar warga masyarakat dengan perantau.' Ungkap Wali Nagari Ampuan Lumpo Syahrial R. 

Ketua Panitia, Mardinas N Syair yang juga Ketua Pengurus Pembangunan Masjid Amalur Rahman Ampuan Lumpo dalam laporannya mengatakan. Acara malamang basamo merupakan tradisi lama yang perlu dihidupkan kembali dikalangan masyarakat. 

Mantan Ketua DPRD Pessel itu menjelaskan bahwa tradisi malamang perlu diperkenalkan bagi para remaja hari ini. 

" Dulu dikalangan masyarakat kita, khusus di wilayah Kerapatan Adat Nagari Lumpo, malamang menjelang hari raya adalah, sebuah kebiasaan. Namun kini tradisi ini sudah mulai hilang dalam kehidupan masyarakat. Justru itu kami masyarakat Ampuan lumpo, beriniatif  ingin mengembalikan data  tradisi baik ini." Ujar Mardianas N Syair. 

Usai malamang Basamo, sore hari akan dilanjutkan dengan acara buka bersama pada sore hari. Kemudian besok pagi juga akan dilanjutkan dengan sholat Idul Fitri, 1444 H berjamaah di lokasi Masjid Amalur Rahman Ampuan Lumpo.

 "Kita berharap besok para perantau dan masyarakat berjibaku untuk bisa sama-sama hadir sholat Idul Fitri di lokasi pembangunan Masjid Amalur Rahman ini." Tutur Mardinas N Syair. 

Tokoh masyarakat Lumpo yang juga Ketua PWI Pessel, Suherman. Dalam kesempatan itu juga menyambut baik inisiatif warga Ampuan Lumpo itu. Ia berharap tradisi itu bisa diwariskan secara turun temurun kepada generasi muda di masa mendatang. (Dodi)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.