Dukung Sertifikasi Halal Kakan Kemenag Pessel Ajak Pendamping P3H Motivasi Pelaku Usaha

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka KanKemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) H. Abrar Munanda, mengajak Pendamping Proses Produk Halal (P3H) agar berkomitmen mendukung terwujudnya Sertifikasi Halal  yang menjadi program Kementerian Agama RI. 

Hal itu disampaikan H. Abrar Munanda dalam arahannya, pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Pendamping (P3H) Kemenag setempat Jum'at (12/5) di MAN 2 Pessel. 

"Bapak dan Ibuk para Penyuluh Agama Islam Fungsional maupun Non PNS yang sudah menjadi Pendamping P3H di Pesisir Selatan. Mari kita motivasi para pelaku usaha di daerah ini agar mereka memiliki sertifikasi halal bagi usaha mereka." Ungkap Ka Kankemenag Pessel H Abrar Munanda. 

Dikatakan, Produk Halal saat ini urgent dan sudah menjadi prioritas pemerintah melalui Kementerian Agama RI. Pada tahun ini ditargetkan 1 juta sertifikat yang diberikan secara gratis kepada pelaku UMKM di tanah air ini. 

"Pada tahun ini Bapak Menteri Agama menargetkan 1 juta sertifikat dan nanti 2024 10 juta sertifikat," terangnya. 

Justru itu, H. Abrar Munanda menghimbau para Pendamping P3H di daerah ini agar bisa mendorong terwujudnya program Kemenag RI  tersebut. Apalagi sebutnya Pessel merupakan daerah wisata yang kini menjadi andalan di Sumatera Barat. 

Ada dua keuntungan ketika sertifikasi halal dapat dimiliki bagi masyarakat sebut H. Abrar Munanda. Pertama, keuntungan bagi pelaku usaha, tentunya produk yang dilahirkan tidak diragukan lagi kehalalannya. 

Kedua, keuntungan bagi Pendamping P3H, tentunya bisa menambahkan penghasilan. Karena tutur Abrar Munanda, pemerintah juga mempersiapkan anggaran bagi Pendamping P3H dalam menjalankan tugasnya. 

Sementara itu, Satgas Layanan JPH yang juga Kasi Bimas Kemenag Pessel, H. Firdaus. Dalam laporannya sebagai panitia pelaksana mengatakan.Kegiatan itu dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI. 

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Satgas Halal Sumbar, Ikrar Abdi. Acara di diikuti 111 (seratus sebelas) orang peserta yang terdiri dari Penyuluh Agama Islam Kemenag Pessel yang sudah menjadi Pendamping P3H. (Dodi)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.