Dihadiri Camat KUA Ranah Pesisir Kukuhkan BKM Kecamatan

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Kantor Urusan Agama (Ka KUA) Kecamatan Ranah Pesisir, Toni Nasrianto, melaksanakan pengukuhan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) tingkat Nagari Se-Kecamatan setempat. 

Pengurus BKM Nagari yang dikukuhkan itu untuk masa bhakti 2023-2027. Kegiatan berlangsung Rabu (27/9/2023) di Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kec.Ranah Pesisir. 

Hadir dalam acara tersebut, Camat Ranah Pesisir,Syafrizal, Ketua MUI, Ketua DMI,Pengurus Masjid, Pengurus BKM Nagari, tokoh masyarakat dan alim ulama se-Kecamatan. 

Acara diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus BKM oleh Ka KUA Toni Nasrianto di dampingi Camat Ranah Pesisir.  

Dalam arahannya, Kepala KUA Ranah menyampaikan bahwa pengukuhan BKM tingkat Nagari tersebut mendasari pengukuhan pengurus BKM Tingkat Kecamatan Se-Kab. Pesisir Selatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023. Lebih lanjut dikatakannya Pengukuhan BKM Kecamatan juga mendasari pengukuhan Pengurus BKM Kabupaten/Kota yang dilaksanakan di Kanwil Kemenag Sumbar tanggal 7 Agustus 2023.

BKM adalah organisasi di bawah naungan Kementerian Agama yang berjenjang dari pusat sampai ke daerah hingga ke tingkat Kecamatan dan Nagari. 

Justru itu ia berharap, susunan kepengurusan BKM yang sudah dikukuhkan itu bisa berpartisipasi dengan baik ke depannya dalam mewujudkan manajemen Masjid yang lebih baik lagi di wilayah itu. 

"Mari kita bekerja sama untuk memajukan kesejahteraan masjid dan meningkatkan manfaat masjid untuk masyarakat sekitar,” ajak Toni Nasrianto.

Selain itu, melalui pengukuhan pengurus BKM tingkat nagari diharapkan bisa memaksimalkan peran masjid di masyarakat, memfungsikan kepenguran Masjid sesuai bidangnya. Yaitu bidang Idarah (Administrasi Masjid) Ri'ayah (Penampilan Masjid) dan Imarah (Kemakmuran Masjid) . 

Sementara itu Camat Ranah Pesisir,Syafrizal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih pada jajaran KUA Ranah Pesisir yang telah melaksanakan kegiatan ini,pengukuhkan Pengurus BKM Tingkat Nagari se-Kecamatan itu. 

Camat Ranah Pesisir berharap, kedepan pengurus BKM yang sudah dikukuhkan, bisa bersinergi dengan masyarakat guna meningkatkan fungsi dan pelayanan Masjid dan Mushalla yang ada di wilayah Kec.Ranah Pesisir. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.