Darizal Basir Gelar Kegiatan Penyerapan Aspirasi Masyarakat

Painan (Rangkiangnagari) - Anggota DPR RI Komisi I Fraksi Partai Demokrat, H Darizal Basir, menggelar acara Penyerapan Aspirasi Masyarakat, Kamis (25/01/24) di Hotel Langkisau Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Bupati Pesisir Selatan (Pessel) dua periode yakni, (1995-2005) itu hadir didampingi Istri, Ny. Hilda Fitri Ayu Darizal. Ia juga didampingi Tenaga Ahli (TA) Doni Harsiva Yandra (DHY) dan Suherman.Tokoh masyarakat yang juga Ketua Koordinator Pemenangan, Evilindo dan lainnya. 

Acara yang bertema" Sinergitas Pusat dan Daerah Melalui Aspirasi Masyarakat" itu di moderatori oleh, Suherman dengan  Narasumber, Doni Harsiva Yandra. Adapun peserta yang hadir dalam  acara tersebut 150 orang yang terdiri dari Anggota DPRD Pessel, niniak mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat lainnya, dari berbagai kecamatan di Pesisir Selatan. 

H.Darizal Basir dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih, atas sambutan masyarakat Pesisir Selatan dalam acara tersebut. Ia berharap kegiatan itu dapat meningkatkan silaturahmi kedepannya. 

Lanjut H.Darizal Basir, untuk percepatan  pembangunan di daerah perlu adanya  sinergitas, antara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Dengan demikian akan dapat menampung serta mewujudkan aspirasi masyarakat secara luas.

"Pembangunan itu ada tiga tingkatannya, pertama pembangunan yang berskala nasional dibiayai dengan APBN ini diperjuangkan oleh Anggota DPR RI. Kalau berskala Provinsi oleh DPRD Provinsi dan yang sifatnya kabupaten diperjuangkan oleh anggota DPRD kabupaten," terang H Darizal Basir.

Justru itu Anggota DPR RI dari  Daerah Pemilihan DAPIL Sumbar 1 itu berharap, komunikasi antara masyarakat dengan Anggota DPR RI,DPRD Provinsi dan Kabupaten perlu dilakukan secara baik dan berkelanjutan.

"Guna mewujudkan aspirasi masyarakat diperlukan adanya komunikasi yang baik, antara masyarakat dengan anggota DPR RI,DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten," tutur H Darizal Basir. 

Terdapat sejumlah usulan warga saat acara  Penyerapan Aspirasi Masyarakat bersama Anggota DPR RI H Darizal Basir. Diantaranya usulan, Kurniawan, tokoh masyarakat Batang Kapas. Ia mengharapkan agar H. Darizal Basir dapat memperjuangkan BBM bersubsidi yang mudah didapatkan oleh nelayan. 

"Kami masyarakat Batang Kapas mohon bantuan Bapak H Darizal Basir untuk bisa memperjuangkan BBM bersubsidi bagi nelayan di tempat kami. Saat ini sulit sekali untuk mendapatkannya," ujar Kurniawan. 

Selanjutnya Kurniawan juga menyampaikan persoalan Sungai Batang Jalamu yang perlu di normalisasi. 

Warga Carocok Painan, Yusharni, juga menyampaikan usulan perbaikan Jembatan Asmara Carocok Painan yang selama ini sudah rusak dan belum ada perbaikan dari pemerintah daerah.

" Kami warga Carocok Painan menyampaikan pada Bapak H Darizal Basir tolong diperbaiki jembatan asmara yang sudah rusak. Selama ini belum diperbaiki oleh pemerintah daerah," pinta Yusharni. 

Menanggapi aspirasi dari warga tersebut di atas H.Darizal Basir akan mengupayakan usulan itu sesuai dengan tupoksi. Jika hal itu dengan APBN tentu akan diupayakan melalui rekannya di DPR RI yang membidangi komisi terkait. Namun jika kewenangan Kabupaten tentu hal itu menjadi kewenangan bupati sebagai kepala daerah. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.