Hoyak Tabuik Masuk Kharisma Event Nusantara 2024

PARIAMAN (RangkiangNagari) – Hoyak Tabuik Piaman, sebuah kegiatan budaya dan wisata tahunan di Kota Pariaman, Sumatera Barat, telah masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Keputusan ini diumumkan setelah Kota Pariaman berhasil lolos seleksi bersama dengan enam kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Barat yang masuk dalam 110 kegiatan KEN.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Ferialdi, menyatakan bahwa daerah yang termasuk dalam KEN akan mendapatkan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), khususnya dalam hal anggaran. Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan kemungkinan besar akan dihadiri oleh Presiden RI dan Menteri Parekraf.
Proses pendaftaran kegiatan wisata dalam KEN melibatkan beberapa tahapan, termasuk melengkapi data, narasi, dan dokumen terkait proses Tabuik dari awal hingga dampak ekonomi bagi masyarakat dan pengunjung. Kota Pariaman berhasil masuk dalam 10 besar penilaian tingkat provinsi dan dilanjutkan dengan pemaparan di hadapan kurator tingkat nasional.

Ferialdi berharap bahwa keikutsertaan Hoyak Tabuik Piaman dalam kegiatan pariwisata nasional dapat meningkatkan promosi wisata daerah dan berdampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat. Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman mencatat kunjungan wisatawan ke objek wisata di daerah tersebut sepanjang tahun 2023 mencapai dua juta orang, dengan kunjungan terbanyak terjadi selama pelaksanaan Pesona Hoyak Tabuik yang menyedot sekitar 400 ribu wisatawan.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.