Kalah 0-4 dari Libya, Pertandingan Kedua Timnas Harus Lebih Baik

PADANG (RangkiangNagari) – Dalam laga pertama, pelatih Shin Tae-yong (STY) mencoba hampir seluruh pemain saat uji coba melawan Libya di Mardan Sports Complex, Turki, pada Selasa (2/1) malam.

Keputusan ini diambil oleh pelatih asal Korea Selatan karena uji coba pertama ini tidak termasuk dalam hitungan FIFA. Baru pada uji coba kedua pada Jumat (5/1) akan masuk dalam hitungan poin.
Pada babak pertama, Shin Tae-yong menurunkan kiper Syahrul Trisna, Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Yakob Sayuri. Di lini tengah, ada Richardo Kambuaya, Marc Klok, Saddil Ramdani, dan Dendy Sulistiawan. Sedangkan di lini depan, Dimas Drajad dan Rafael Struick diberikan kesempatan. Sayangnya, hasilnya Libya berhasil unggul 1-0 melalui gol Ahmed Ekrawa.
Di babak kedua, semua pemain diganti, kecuali kiper Syahrul, Justin Hubner Jordi Amat, dan Sandy Walsh. Edo Febriansyah, Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino, Hokky Caraka, Adam Alis, dan Ramadhan Sananta dimainkan bersamaan di babak kedua.

Hasilnya, permainan lebih lancar dan peluang pun sudah tercipta, terutama melalui tendangan Adam Alis. Namun, sayangnya, tendangan pemain asal Borneo FC itu masih membentur tiang gawang.
Pada menit ke-57, Omar Alkhoja berhasil menambah keunggulan Libya menjadi 2-0. Gol ini terjadi karena kesalahan pemain belakang Indonesia yang dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Libya. Di menit 87, Libya kembali mencetak gol, dan di akhir laga, Libya menutup pertandingan dengan skor 4-0 berkat kesalahan pemain belakang Indonesia.

Untuk laga kedua, kemungkinan besar STY akan menurunkan pemain-pemain utamanya karena sudah masuk dalam hitungan poin. Namun, seberapa besar poin yang akan didapatkan Indonesia dalam peringkat FIFA jika berhasil mengalahkan Libya yang saat ini berada di peringkat 120 dunia?
Mengingat laga ini masuk dalam kategori tier 1 atau diadakan di luar kalender FIFA, poin yang didapatkan relatif kecil. Jika Indonesia menang atas Libya, mereka akan mendapatkan tambahan 2,93 poin. Sementara itu, jika bermain imbang, Indonesia hanya akan meraih 0,43 poin, dan jika kalah, mereka akan kehilangan 2,07 poin.Setelah dua uji coba melawan Libya, skuad Garuda akan menghadapi laga melawan Iran di Qatar pada 9 Januari. Bagi Indonesia, pemusatan latihan dan uji coba di Turki merupakan bagian dari persiapan akhir sebelum tampil di Piala Asia 2023, turnamen bergengsi yang akan digelar di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.