Kemenag Bersama Pemkab Pessel Sapa Jamaah Haji Secara Virtual

Painan (Rangkiangnagari) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar acara, Sapa Jamaah Haji secara virtual, Bersama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan berlangsung Selasa (11/6) di Ruang Video Conference Pemkab Pessel, Gedung PCC Painan. 

Hadir dalam acara itu, Bupati Pessel Rusma Yul Anwar diwakili Sekda Mawardi Roska.Plt Kepala Kemenag Pessel, H. Sumardi, Asisten 1, dr Syahrial Antoni, Kadis Kominfo, Wendi, Kabag Kesra, Kasi PHU Kemenag Pessel, H Betriadi. 

Selanjutnya terlihat hadir dari Unsur Forkopimda, Pimpinan Baznaz, Ormas Islam, IPHI dan undangan lainnya. 

Sekda Pessel, Mawardi Roska dalam sambutannya menyampaikan ucapan permohonan maaf Bupati Rusma Yul Anwar yang tidak bisa hadir dalam acara tersebut. 

"Terlebih dahulu saya menyampaikan permohonan maaf Bapak Bupati Pessel, Bapak Rusma Yul Anwar yang saat ini sedang di Jakarta ada tugas dinas," ujar Sekda Mawardi Roska. 

Selanjutnya, Sekda Mawardi Roska menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan Sapa Jamaah Haji Pessel yang merupakan inovasi Kemenag Pessel. 

"Atas nama Pemerintah daerah kami mengucapkan terima kepada Kemenag Pessel yang sudah melahir program inovasi Sapa Jamaah Haji ini," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu Sekda menyapa Kepala Kemenag Pessel H Abrar Munanda yang saat ini sedang bertugas sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji ( PPIH) Arab Saudi. Ia juga menyapa para seluruh petugas haji dan jamaah haji kloter 9 asal Pesisir Selatan.

Kepada jamaah haji, Sekda Mawardi Roska berpesan, untuk menjaga kesehatan sehingga dapat mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji dengan sempurna. Sehingga pulang ke tanah air nanti dengan selamat dan menjadi Haji yang mabrur. 

Plt Kepala Kemenag Pessel, H. Sumardi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung penuh program Sapa Jamaah Haji yang dilakukan Kemenag Pessel. 

Selanjutnya, H. Sumardi juga menyapa jemaah haji asal Pesisir Selatan dan berharap semua dalam kondisi sehat. Kepada jamaah  juga diminta untuk dapat mematuhi aturan dan arahan para  petugas haji. Dengan harapan semoga seluruh rangkaian ibadah haji bisa ditunai secara baik. 

Sementara itu, Kakan Kemenag Pessel H Abrar Munanda yang kini bertugas sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pesisir Selatan yang telah mendukung kegiatan Sapa Jamaah Haji secara virtual tersebut. 

"Terlebih dahulu kami menyampaikan ucapan terima kasih, kepada Bapak Bupati Pesisir Selatan, melalui Bapak Sekda yang telah memfasilitasi acara Sapa Jamaah ini. Dengan hadirnya Bapak Bupati dapat memberikan motivasi bagi kami di Tanah Suci," ujar H Abrar Munanda. 

Selanjutnya H. Abrar Munanda melaporkan bahwa kurang lebih tiga hari lagi jama'ah haji akan bertolak ke Arafah Musdalifah dan Mina untuk mengikuti puncak ibadah haji.

Justru itu H. Abrar Munanda kepada seluruh jamaah untuk tidak usah keluar jauh- jauh dan diminta fokus untuk menjaga fisik, agar tubuh tetap fit. Sehingga saat mengikuti puncak ibadah haji bisa dilakukan dengan sempurna. 

Ketua Kloter 9 Yossef Yuda, dalam laporannya juga mengatakan bahwa saat ini kondisi jama'ah asal Pesisir Selatan dalam kondisi baik. Meskipun ada jamaah yang batuk dan pilek namun itu tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan jamaah. 

Seluruh petugas haji lanjut Yossef Yuda selalu bersiaga dan siap untuk melayani jama'ah terutama asal Pesisir Selatan. 

"Kami seluruh petugas haji siap untuk melayani semua jamaah terutama asal Pesisir Selatan. Kami mohon doa dari bapak dan ibuk semua semoga jamaah kita dapat menunaikan ibadah haji dengan sempurna dan kembali ke tanah air dengan predikat haji yang mabrur," tutur Yossef Yuda. 

Kasi PHU Kemenag Pessel, H. Betriadi dalam laporannya menyampaikan. Program Sapa Jamaah Haji Kemenag Pessel Bersama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan tahun ke tiga. Dengan kegiatan tersebut masyarakat bisa memantau situasi dan perkembangan jama'ah haji di selama di tanah suci. 

"Program Sapa Jamaah Haji ini adalah inovasi Kemenag Pessel dan sudah tahun ke tiga dilakukan. Kegiatan ini didukung dan difasilitasi oleh  Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan," ucap  H. Betriadi. 

Sapa Jamaah Haji yang diselenggarakan oleh Kemenag Pessel Bersama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan itu cukup bermanfaat bagi jamaah. Dengan kegiatan itu jama'ah bisa bersilaturahmi dengan pemerintah dan keluarga dari tanah suci ke kampung halaman. Meskipun hanya secara virtual. 

Japrizal,salah seorang jamaah haji asal Pesisir Selatan merasa senang bisa berkomunikasi dengan pemerintah daerah. Ia pun merasa puas dan bangga dengan pelayanan yang diberikan oleh Kemenag Pessel selama kegiatan Manasik Haji. Begitu juga layanan para petugas selama berada di tanah suci. 

"Kami merasa cukup puas dengan layanan para petugas haji di tanah suci ini. Kami juga senang bisa berkomunikasi secara virtual dengan bapak Sekda dan bapak ibuk semua di kampung,"ungkap Japrizal.(Dodi)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.