Pendaftaran CPNS, BKN Temukan Pemakaian NIK dan KK Abal-Abal

JAKARTA (RangkiangNagari) – Badan Kepegawaian Negara (BKN) banyak temukan pemakaian Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) bersifat abal-abal saat mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal ini menyusul Data Center SSCN yang merilis informasi pemakaian NIK dan KK untuk pendaftar abal-abal alias tidak niat mendaftar. Menurutnya, banyak unggahan foto dan dokumen yang tidak dipersyaratkan instansi.

Informasi tersebut disampaikan oleh BKN melalui akun resmi Twitterny, kemarin. Bersamaan dengan itu, BKN mengimbau untuk hanya menginput data dan berkas yang sebenarnya dan disyaratkan instansi dalam field lamaran.

Komentar netizen pun banyak berdatangan setelah pernyataan tersebut diturunkan. Diantaranya menyatakan bahwa pernyataan BKN dinilai cukup menyingung. Pasalnya, banyak pelamar yang masih mengalami kendala, dan melengkapi data-data yang dibutuhkan.

Menanggapi hal tersebut, BKN pun kembali memberi penjelasan lebih lanjut mengenai pernyataan sebelumnya. Menurut BKN, pelamar ‘abal-abal’ ditujukan kepada pada pelamar yang mengunggah dokumen dan foto yang tidak sesuai dengan persyaratan.

“Baca dulu ya #SobatBKN isi Siaran Persnya, jangan ngegasss. Mimin ini sedih sejumlah pelamar abal-abal tsb mengunggah foto diri dengan foto yang aneh, contohnya sate,” tulis BKN seperti dikutip dari akun resmi Twitter-nya, Minggu (17/11/2019).

Tak hanya itu, salah satu netizen pun memperlihatkan contoh Kartu Informasi Akun yang menandakan berhasilnya proses registrasi pada tahap awal seleksi CPNS 2019. Sayangnya, pada kartu tersebut, terlihat foto yang digunakan merupakan foto seekor monyet.

Hal ini pun mendapatkan respon dari netizen lainnya. Diantaranya mengatakan bahwa meskipun foto masih dapat diganti selama proses submit belum dilakukan, tetap saja perbuatan ini merupakan keisengan yang berlebihan.

#Ryan
Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.