Latest News

Gelar Bimbingan untuk SAKIP A, Pemko Payakumbuh Undang Narasumber dari Yogyakarta

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) - Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz membuka kegiatan pelatihan Dan pendampingan SAKIP Kota Payakumbuh Yang dibidangi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Payakumbuh. Pertemuan berlangsung di aula lantai 2 kantor Bappeda Kota Payakumbuh, Jumat (13/12).

Pelatihan yang berlangsung sehari penuh tersebut menghadirkan narasumber dari Provinsi Yogyakarta. Narasumber yang diundang merupakan kepala seksi aplikasi layanan publik di Dinas komunikasi Dan informatika (Diskominfo) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Dr. Sayuri Egaravanda, S. Kom, M. Eng.

Dalam pelatihan ini turut dihadiri oleh seluruh pejabat dari OPD Kota Payakumbuh tanpa terkecuali.

Di depan seluruh pejabat yang mengikuti pelatihan tersebut Erwin mengingatkan betapa pentingnya SAKIP terutama di kalangan masyarakat Payakumbuh. Ia menilai jika pelayanan bersih dan transparan, maka masyarakat akan semakin percaya kepada pemerintah.

“Jadi jangan anggap pelatihan ini main-main,” jelas Erwin.

Erwin menambahkan dengan adanya E-SAKIP masyarakat Payakumbuh bisa mengamati sekaligus memantau jalannya pemerintahan secara langsung. Harapannya adalah masyarakat semakin percaya kepada pemerintahan.

Selain itu untuk target tahun ini Erwin mengharapkan kenaikan nilai dari E-Sakip Kota Payakumbuh. Yakni dari BB+ menuju predikat A

“Semoga bisa untuk naik kesana tahun ini, Dan karna itu kita undang langsung narasumber yang daerah nya telah mencapai SAKIP A selama empat tahun berturut-turut Dan pada tahun kemaren daerah Yogyakarta ini telah mencapai nilai SAKIP tertinggi, yakni AA”, tandas Erwin.

Sementara itu, Kasi aplikasi layanan Publik Diskominfo Provinsi Yogyakarta Sayuri Egaravanda menambahkan tujuan terkait diadakannya pelatihan penggunaan SAKIP ini.

Menurut pihaknya, kegiatan ini dilaksanakan dengan niat untuk mencapai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang lebih baik lagi.

Pelatihan ini sendiri dijadwalkan berdurasi selama jam kerja sehari penuh dengan berbagai pelajaran muatan lokal serta pengetahuan umum mengenai SAKIP.

“Harapan kita nantinya masyarakat bisa mengetahui pemerintahannya itu seperti apa dan apa saja yang dilakukannya,” ungkap Sari sapaan akrab orang yang ikut berperan aktif dalam pengembangan dan Kemajuan smart city Provinsi D. I Yogyakarta.

Untuk narasumber, Bappeda Kota Payakumbuh tidak hanya mendatangkan seorang saja, selain Sayuri Egaravanda dari Diskominfo, ada juga Muh Taufiq Arahman, SIP, M. PA dari Bappeda D. I Yogyakarta yang turut berbagi pengalaman dalam proses D. I Yogyakarta mendapatkan SAKIP AA.

Lebih lanjut, Rida Ananda selaku Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut. Dirinya beralasan jika kegiatan ini merupakan langkah tepat dan cepat yang diambil oleh Kota Payakumbuh.

Mengingat semua daerah mulai berlomba untuk mencapai transparansi dan akuntabilitas birokrasinya masing-masing.

“SAKIP ini dapat menjadikan penyelenggaraan negara yg bersih dan bebas dari KKN, terwujud perencanaan pembangunan yg terintegrasi,” tandas Rida.

Dilain kesempatan, Ifon Satria Chan selaku kepala badan perencanaan pembangunan Kota Payakumbuh turut menyampaikan harapannya terkait kegiatan pembibingan SAKIP.

“Materi yang dipaparkan oleh narasumber ini nantinya bisa meninspirasi OPD kota Payakumbuh, sehingga ASN kota Payakumbuh bisa bekerja dengan lebih kreatif Dan inovatif lagi”, harap Ifon.

Kepala Bappeda tersebut juga menambahkan jika  untuk dokumen yang sudah disusun oleh seluruh OPD, harus bisa terjamin konsistensinya di saat pelaksanaan sampai ke evaluasi berlangsung.

“Dan kita harus tau juga atas Apa trik trik Yang sudah dilakukan Provinsi Yogyakarta sehingga bisa mendapatkan nilai SAKIP AA dan Hal ini juga harus bisa diterapkan di kota Payakumbuh”, pungkasnya.

#Ryan #E2
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Gelar Bimbingan untuk SAKIP A, Pemko Payakumbuh Undang Narasumber dari Yogyakarta Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana