Pessel Buka Lagi Rusunawa Painan untuk Tempat Isolasi Pasien Positif Covid-19

PAINAN (RangkiangNagari) – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 akan memfungsikan kembali Rusunawa Painan, Kecamatan IV Jurai sebagai tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid 19. Kebijakan itu dilakukan setelah kasus positif di daerah itu terus melonjak dalam sebulan terakhir.

Berdasarkan laporan gugus tugas, sampai saat ini sudah 113 kasus pasien terkonfirmasi positif Covid di Pesisir Selatan. Dari total kasus itu, pasien yang meninggal dunia 4 orang, sembuh 34 orang, dirawat disejumlah rumah sakit 7 orang dan isolasi mandiri 67 orang.Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, pembukaan kembali rusunawa untuk tempat isolasi dilakukan karena pelaksanaan isolasi mandiri tidak efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. Karena, selama isolasi mandiri di rumah, pasien terkonfirmasi positif masih besar peluang untuk kontak dengan masyarakat lain. Untuk itu, ia sudah memerintahkan sekda bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan.“Sesulit apapun anggaran untuk penanganan Covid 19 harus disediakan, karena ini menyangkut keselamatan nyawa masyarakat,” tegas bupati, Kamis (17/9) di Painan.

Sementara itu, Sekda Erizon mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti permintaan bupati untuk membuka kembali Rusunawa dengan melakukan rapat bersama tim gugus tugas dan TAPD. Dalam rapat tersebut, pihaknya sudah membahas secara detil segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan anggaran dan personil untuk operasional Rusunawa.

“Kita sudah membagi tugas kepada tim gugus tugas sesuai tugas fungsi masing-masing guna persiapan operasional Rusunawa,” tuturnya.

Untuk memenuhi pembiayaan operasional Rusunawa, akan dimanfaatkan dana sisa dari alokasi untuk penanganan covid dan dana insentif daerah (DID). Erizon memperkirakan kebutuhan anggaran sampai Desember sekitar Rp7,5 miliar. Erizon juga optimis bahwa dua atau tiga hari ke depan pihaknya akan mulai membuka kembali Rusunawa.

 

#Ryan

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.