Morbidelli Juarai Grand Prix Teruel

JAKARTA (RangkiangNagari) – Pebalap tim Petronas Yamaha Franco Morbidelli meraih kemenangan MotoGP keduanya musim ini setelah menjuarai Grand Prix Teruel di Sirkuit Aragon, Minggu.

Seperti dilansir laman resmi MotoGP, Morbidelli tampil dominan memimpin balapan sepanjang 23 putaran di sirkuit yang terletak di Alcaniz, Spanyol itu.Duet Suzuki Alex Rins dan Joan Mir kembali naik podium untuk kedua kalinya di Aragon setelah finis peringkat dua dan ketiga di belakang sang pebalap Italia.Morbidelli, yang sebelumnya menang di Grand Prix San Marino itu, start dari P2 dan menyintas drama di lap pembuka di mana sejumlah pebalap tumbang di beberapa tikungan setelah start.

Takaaki Nakagami, yang menjadi pebalap Jepang pertama yang meraih pole position di kelas premier dalam 16 tahun terakhir, tampil antiklimaks setelah terjatuh ketika memimpin lap pertama.

Alex Marquez juga tampil impresif meski mengawali balapan dari posisi ke-10. Pebalap tim Repsol Honda itu di paruh awal lomba menempel ketat Mir.

Sedang bertarung untuk meraih podium ketiganya secara beruntun, Marquez, yang menjadi runner-up GP Aragon pekan lalu, justru terjatuh di lap ke-14 ketika berusaha mengejar sang pebalap Suzuki.

Meski mendapat ancaman ketat dari Rins, Morbidelli tak goyah dan di lima lap terakhir jebolan akademi VR46 itu memperlebar jaraknya untuk menjadi yang pertama melintasi garis finis 2,205 detik di depan Rins, yang pekan lalu juara di Aragon.

Sementara itu, Mir mempertahankan posisinya di puncak klasemen dengan tambahan 16 poin setelah finis ketiga untuk kedua kalinya di Aragon.

Rival terdekat Rins, Fabio Quartararo hanya mampu finis kedelapan untuk menjaga posisinya di runner-up klasemen dengan selisih 14 poin.

Tiga pebalap KTM finis peringkat sepuluh besar hari itu ketika Pol Espargaro menjadi pebalap KTM terdepan di P4, mengalahkan Johann Zarco dari tim Esponsorama Racing.

Miguel Oliveira dan rookie Iker Lecuona, masing-masing finis P6 dan P9 untuk mempersembahkan poin ganda bagi tim KTM Tech 3.

Terlepas dari penampilan gemilang Zarco, para pebalap Ducati lainnya kembali melempem di balapan kedua di Aragon di saat Danilo Petrucci hanya mampu finis P10, sedangkan jagoan Ducati untuk perebutan gelar, Andrea Dovizioso finis P13.

Valentino Rossi melewatkan balapan kedua di Aragon akhir pekan ini setelah pekan lalu kedapatan positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi sedangkan Yamaha tidak menugasi pengganti untuk sang juara dunia sembilan kali.

Poin bagi tim pabrikan Yamaha hari itu dipersembahkan oleh Maverick Vinales yang finis P7.

Sementara, Stefan Bradl masih meneruskan tugas Honda untuk menggantikan juara bertahan Marc Marquez yang cedera sejak seri pembuka di Jerez.

 

#Ryan

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.