Kunjungi Sentra Rendang, Wawako Bandung Harapkan Nanti Adanya Kerjasama

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana bersama rombongan kunjungi Sentra Rendang dan Rumah Tenun Balai Panjang setelah melakukan temu ramah bersama walikota Payakumbuh Riza Falepi di ruang kerjanya, Jumat (27/11). Rombongan dari Bandung itu kembali melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi sentra Rendang kota Payakumbuh yang berada di kelurahan Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Dalam kunjungannya ke sentra rendang, Wawako Bandung Yana Mulyana sampaikan rasa kagumnya ke Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz.

“Sungguh luar biasa pemerintah kota Payakumbuh ini, karna saya melihat disini jika pemerintah daerah hadir dan terjun langsung secara penuh untuk dapat mengembangkan dan memajukan UMKM nya”, ungkap Yana dengan wajah sumringah.

Dilanjutkannya, dapat dilihat dengan hadirnya pemerintah daerah disini tidak hanya sekedarnya saja. Dimana pemerintah daerah dengan sentra rendang nya ini langsung membimbing UMKM dalam menetapkan standar yang telah ditetapkan secara nasional.

“Baik itu standar dalam kualitas, maupun dalam kuantitas, pemerintah sudah sangat melakukannya dengan baik agar hasil olahan UMKM ini dapat melewati standar yang diinginkan oleh si pembeli tentunya”, ujar Yana.

Lebih lanjut, Wawako Bandung Yana menyampaikan jika kota Bandung saat ini sedang menggali untuk menembus pasar ekspor untuk hasil UMKM lokal.

“Mudah-mudahan nanti ada kolaborasi antara Pemko Bandung dan Pemko Payakumbuh untuk sama-sama menembus pasar ekspor dengan menjajakan hasil potensi produk daerah masing-masing”, ungkap Wawako Bandung itu.

Setali tiga uang dengan Wawako Bandung, Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz langsung menyambut baik atas keinginan dari orang nomor dua di kota Bandung.

“Semoga kedepannya nanti kita dapat hadir untuk selalu memberikan kontribusi bagi daerah dan juga tentunya dengan tujuan yang baik ini kita dapat saling memajukan UMKM di daerah masing-masing”, ucap Erwin.

Menurut Wawako Erwin Yunaz, Pemerintah Kota Payakumbuh sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik agar dapat menaikan kelas UMKM di kota Payakumbuh.

“Dengan melihat pangsa pasar yang ada, selama ini UMKM kota Payakumbuh harus berhadapan dengan perusahaan besar yang sudah memiliki perlengkapan lengkap, dan persyaratan yang lengkap, sehingga hal ini yang memacu dan mendorong pemerintah daerah untuk dapat memberikan kontribusi lebih agar UMKM kota Payakumbuh dapat masuk ke kancah pasar global yang sudah memiliki standar kualitas yang sangat baik”, ungkap Wawako Payakumbuh itu.

Wawako Payakumbuh itu turut menyampaikan jika saat ini UMKM kota Payakumbuh masih bernaung dibawah koperasi yang dibuat oleh Pemko sendiri untuk memotori UPTD sentra rendang.

“Dan kedepannya Pemko ingin UPTD ini dapat dirobah untuk jadikan Badan Layanan Umum Daerah, dimana nantinya UPTD yang telah dirobah menjadi BLUD ini dapat memberikan kontribusi serta dapat mendukung pemerintah kita Payakumbuh kedepannya”, tukas Erwin.

Selesai dengan sentra rendang, rombongan melanjutkan kunjungan untuk melihat rumah tenun balai panjang. Di rumah tenun ini rombongan tidak bisa mampir lama dikarnakan waktu sudah hampir sore, sehingga rombongan hanya mampir untuk melihat dan berbelanja produk tenun asli dari balai panjang tersebut.

 

#Ryan

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.