Wagub Sumbar Buka Kegiatan Konsultasi Publik RPJMD 2021-2026

PADANG (Rangkiangnagari) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menegaskan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 – 2026 harus segera dipercepat untuk mengakomodir visi-misi dan program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.

Penegasan ini disampaikan Audy Joinaldy saat membuka secara resmi Forum konsultasi publik rancangan awal RPJMD Provinsi Sumatera Barat tahun 2021-2026 yang bertema "Terwujudnya Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan" di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (23/3/2021).

"Butuh kerja yang lebih keras lagi untuk mencapai target-target RPJMD yang akan kita susun sesegera mungkin. Ini menyangkut pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sumbar," tegas Wagub Sumbar.

Dalam sambutannya, Wagub Sumbar Audy menyampaikan Visi dan Misi yang diusung saat Pilkada serentak Tahun 2020 dengan visi, yaitu "Terwujudnya Masyarakat Sumatera Barat Madani Yang Unggul dan Berkelanjutan".

Dalam rangka mewujudkan Visi tersebut yang merupakan janji Gubernur dan Wagub Sumbar kepada masyarakat akan dilakukan upaya melalui tujuh Misi yang akan diimplementasikan dengan cara: 

Misi Pertama, Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia, Sehat, Berpengetahuan, Terampil dan Berdaya  saing.  

Misi Kedua, Meningkatkan Tata Kehidupan Sosial Kemasyarakatan berdasarkan falsafah ABS-SBK, 

Misi Ketiga, meningkatkan nilai tambah dan produktifitas produk pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, 

Misi Keempat, Meningkatkan Usaha Perdagangan dan Industri Kecil / Menengah Serta Ekonomi Digital, 

Misi Kelima, Meningkatkan Ekonomi Kreatif dan Daya Saing Kepariwisataan, 

Misi Keenam, Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Yang Berkeadilan dan Berkelanjutan serta 

Misi Ketujuh, Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik yang Bersih, Akuntabel dan Berkualitas.  

Konsultasi publik bertujuan utk mendapatkan masukan dari semua pemangku kepentingan agar RPJMD dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan dapat dilaksanakan.

"Ke depan kita tidak hanya fokus pada kerja tetapi kinerja yang berorientasi hasil atau outcome," ucapnya. 

Oleh karena itu perlu dilakukan optimalisasi proses perencanaan berbasis program yang mendukung visi dan misi serta program-program unggulan yang sudah tertuang di dalam Rancangan Awal RPJMD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021-2026 yang dibahas pada hari ini untuk mendapatkan masukan penyempurnaan dari seluruh komponen pemangku kepentingan yang terlibat.

Pencapaian ini akan terwujud dengan niat, upaya dan tekad bersama dalam berkoordinasi, integrasi, singkronisasi dan sinergitas antara pemprov dengan Kabupaten Kota dan menjalin komunikasi yang baik dengan pusat, yang bertujuan kebijakan pembangunan dan keuangan daerah serta program perangkat daerah yang disertai kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Ia menegaskan bahwa kebijakan ini akan menjadi pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dari pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha.

"Oleh sebab itu, kami mohon dukungan DPRD Sumbar, pelaku pembangunan daerah baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Kami berupaya dan bertekad untuk melakukan percepatan dalam penyusunan RPJMD, sehingga penetapannya tidak menunggu-nunggu sampai 6 (enam) bulan setelah kami dilantik," janjinya.  

Hal ini dilakukan agar visi, misi dan program unggulan akan dapat diwujudkan lebih cepat melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2021 yang saat ini sedang dilaksanakan. Sememtara Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 saat ini  tengah disusun.

"Perencanaan pembangunan memiliki peran sentral dalam siklus pembangunan sehingga pada prosesnya harus berjalan secara objektif, berkualitas, dan dapat dipertanggungjawabkan untuk mencapai tujuan pembangunan secara optimal dan sesuai harapan," jelas Audy

Wagub Audy Joinaldy mengharapkan tahun 2021-2024 Provinsi Sumbar harus berubah, maju, dan sejahtera melalui tujuh misi yang dirangkum dalam program strategis.

Sebagai penutup, Wagub Sumbar sampaikan peran dan seluruh elemen sesuai dengan kewenangannya akan menjadi salah satu kunci kita dalam membangun Sumatera Barat yang kita cintai ini.  

"Kami akan segera bekerja terutama untuk mencapai target-target jangka pendek dan jangka menengah yang kita rencanakan, untuk mewujudkan Sumatera Barat madani yang unggul dan berkelanjutan," tutupnya. ( Rel-Humas Pemprov.**01).

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.