Panorama Puncak Pato Memang Indah

TANAH DATAR (RangkiangNagari) – Hamparan perkampungan dan sawah masyarakat Tanah Datar terhampar, bila dilihat dari Puncak Pato, Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara. Tempat ini juga dikenal memiliki jejak sejarah yang hebat.

‘’Puncak Pato memang indah. Sejak dulu sudah dikenal karena sarat nilai-nilai sejarah. Di sini perlu dibangun monumen, guna mengenang peran sejarahnya agar bisa diketahui generasi penerus,’’ ujar Bupati Tanah Datar Eka Putra, kemarin, saat menemani seorang politisi Sumbar; Mulyadi, mengunjungi kawasan itu.Dikatakan, seiring dengan masih mewabahnya pandemi Covid-19, semua sektor terdampak cukup luas, termasuk sektor pariwisata yang di dalamnya ada Puncak Pato.

‘’Pariwisata kita lesu selama pandemi Covid-19 ini, termasuk Puncak Pato. Kini, kita tetap berupaya membangkit kembali sektor pariwisata ini, salah satunya adalah mengupayakan terwujudnya Geopark Singkarak. Sedangkan di Puncak Pato rencananya akan dibangun monumen atau sarana lain yang menjelaskan sejarahnya,’’ kata Eka.

Menurutnya, saat ini Pemkab Tanah Datar sedang berupaya mendapat bantuan dari pemerintah pusat, termasuk membangun kawasan wisata Puncak Pato, sehingga nanti menjadi lebih menarik dan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Tanah Datar.

‘’Sejarah yang terukir di Puncak Patro adalah tercapainya kesepakatan tokoh agama dan tokoh adat yang dikenal dengan Sumpah Sati Bukik Marapalam. Kesepakatan itu dikenal dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK),’’ katanya.

Mulyadi yang merupakan ketua DPD Partai Demokrat Sumbar pun mengakui, Puncak Pato memang mempesona dan patut untuk dikembangkan, sehingga mampu menjadi destinasi wisata penting. Nilai-nilai sejarah dan panoramanya, kata Mulyadi, begitu menarik.

Bila dikelola dengan baik, katanya, Puncak Pato akan bisa tumbuh melengkapi pesona wisata lainnya yang selama ini sudah amat dikenal masyarakat, seperti Danau Singkarak dan Istano Basa Pagaruyuang.

 

#Ryan

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.