Latest News

Bupati Solok Hadir Langsung Goro Bersama Ditengah Masyarakat Nagari Talang

Kabupaten Solok (Rangkiangnagari) - Sehari setelah menggelar Gotong royong dengan masyarakat Nagari Singkarak, kembali Bupati Solok H. Epyardi Asda turun langsung kelapangan untuk menggelorakan kembali semangat kerjasama ditengah masyarakat dalam membangun Nagari.

Kali ini Bupati Solok hadir langsung bersama masyarakat Jorong Anau Kadok Nagari Talang untuk melakukan pembukaan jalan usaha tani sekaligus melaunching penggunaan excavator di Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Kamis (21/10).

Bupati Solok yang didampingi Plt. Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis, Sekretaris Pertanian Miharta Maria, Sekretaris DPMN Ricky Carnova, Forkopimcam Gunung Talang, Wali Nagari Talang Zulfadri, dan bersama dengan Wali Nagari Se- Kecamatan Gunung Talang menyampaikan bahwa hari ini beliau mengoperasikan  penggunaan excavator di Nagari talang khususnya di Jorong Anau Kadok dengan melakukan gotong royong bersama masyarakat setempat.

Penggunaan excavator yang sebelumnya sudah diperuntukkan oleh Bupati tersebut adalah untuk membuka jalan usaha tani di Nagari-nagari dengan cara bergotong royong.

Dikatakan Bupati, dengan terbukanya jalan usaha tani di Nagari-nagari tentu akan mempermudah akses bagi masyarakat petani untuk meningkatkan hasil pertanian, sehingga menambah geliat perekonomian di Kabupaten Solok. Apalagi di Nagari Talang yang memiliki lahan pertanian yang cukup subur.

"Jalan yang sudah selesai dibuka dengan excavator nanti akan kita cor, sehingga pembangunan di nagari selalu berkesinambungan dan tidak ada yang putus ditengah jalan," ucap Bupati.

Selain itu Bupati juga menyampaikan akan memberikan bibit gratis yang sudah disediakan oleh pemerintah kepada petani melalui kelompok-kelompok tani sesuai dengan kriteria tanaman yang cocok dengan kultur tanah.

"Disini saya lihat sangat cocok untuk tanaman alpokat, pepaya dan pisang. Untuk itu silahkan pak wali mendata gapoktannya untuk diberikan bibit gratis, nanti kita akan berikan bibitnya melalui Dinas Pertanian." Jelas Bupati.

Sementara itu Wali Nagari Talang Zulfadri mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok yang telah memberikan excavator untuk Kecamatan Gunung Talang, dan khusus untuk Nagari talang sendiri berkesempatan mengoperasikannya pertama kali untuk membuka jalan usaha tani di Jorong Anau Kadok.

Dikatakan Zulfadri bahwa pembukaan jalan usaha tani adalah harapan dan cita-cita masyarakat Nagari Talang dari dahulu dan Alhamdulillah dimasa kepemimpinan bapak Epyardi Asda apa yang diinginkan masyarakat dapat terwujud.

"Untuk membuka jalan usaha tani sangat dibutuhkan sekali excavator dan Alhamdulillah, apa yang diinginkan masyarakat bisa terwujud," ucap Zulfadri.

Dijelaskan Zulfadri, Nagari Talang mempunyai ratusan hektar lahan tidur yang siap digarap oleh masyarakat petani, tapi selama ini masyarakat sangat terkendala dengan akses jalan untuk menuju ke lahan tersebut.

Masyarakat merasa kesulitan untuk membuka dan menambah lahan pertaniannya karena mempunyai jarak yang jauh dari pemukiman masyarakat, apalagi dalam membawa pupuk dan hasil pertaniannya untuk dipasarkan.

Mudah-mudahan dengan membuka jalan usaha tani akan mempermudah dan mampu meringankan beban masyarakat, "Dengan terbukanya jalan usaha tani ini tentu akan memberi dampak yang sangat baik terhadap perekonomian masyarakat di Nagari Talang, Kita sangat bersyukur untuk itu." Ucap Walinagari Talang.


(Liza)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bupati Solok Hadir Langsung Goro Bersama Ditengah Masyarakat Nagari Talang Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana