Giat Sumdarsin Kelurahan Tigo Koto Dibaruah Berjalan Lancar

PAYAKUMBUH (Rangkiangnagari) - Kegiatan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, berjalan lancar dan tertib, Rabu (17/11).

Rika Rahmawati, SKM, MKM, tim Vaksinator  dari Puskesmas Tarok mengatakan, untuk kegiatan vaksinasi di Kelurahan Tigo Koto Dibaruah ini telah disiapkan sebanyak 180 vaksin.

"Siang ini sudah disiapkan 180 vaksin titirizer dan 180 sinovak, bagi masyarakat yang akan mengikuti vaksin di Kelurahan Tigo Koto Dibaruah ini," tutur Rika Rahmawati, SKM, MKM, halaman kantor Lurah Tigo Koto Dibaruah, Rabu (17/11)

Sejak dibuka pukul 13:30 siang, hingga pukul  15:22, telah mendaftar 40 orang untuk  mengikuti vaksin. Dari 40 org yang telah mendaftar 24 orang diantaranya sudah di suntik vaksin titirizer dan 8 orang sinovak. 

Eva Neldi, Lurah Tigo Koto Dibaruah, melalui Sektretaris Lurah Susilawati. A. mengungkapkan, warga Kelurahan Tigo Koto Dibaruah yang telah mengikuti program vaksinasi Covid-19 ini telah mencapai 46%.

Susilawati mengungkapkan, setiap pelaksanaan kegiatan vaksin di Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, pihak kelurahan dibantu organisasi kemasyarakatan serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat, telah memberitahukan kepada masyarakat dengan cara diumumkan di mesjid, mushalla, grup sosial media warga, melalui RT/RW, bahkan ada yang door to door.

Hal senada disampaikan ketua LPM Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, Usman Ibrahim. Ia mengatakan dalam kegiatan vaksinasi ini, LPM selalu diikut sertakan khususnya dalam memberikan pengertian kepada warga tentang arti penting vaksin bagi kesehatan pribadi maupun lingkungan.

Ketua LPM mengungkapkan, kendala yang dihadapi adalah memberi penjelasan kepada warga yang terkena kabar hoax. "Kendala yang kita hadapi masih ada warga yang meyakini kabar hoax, namun setelah kita datangi dan beri penjelasan, sebagian besar dapat kita ajak untuk ikut vaksin, tutur Usman Ibrahim. (MA)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.