Investasi di MotoGP Mandalika Capai Rp3,5 Triliun

JAKARTA (RangkiangNagari) – Gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dinilai merupakan wujud dari sinergitas perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sangat luas.

Wakil Menteri (Wamen) BUMN II, Kartika Wirjoatmoto, mengatakan sinergi tersebut dilakukan untuk berinvestasi dalam membangun infrastruktur gelaran balap motor paling bergengsi dunia tersebut, jumlahnya tercatat hingga Rp3,5 triliun dalam berbagai bentuk.
“Yang pertama tentu membangun sirkuit dan pendukungnya oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) di dalamnya ada PT PP yang melakukan pembangunan sirkuit dalam bentuk pengaspalan dan segala macam fasilitas sirkuit dan Wika Gedung yang melakukan pembangunan paddock dan fasilitas gedung lainnya,” ujar Wamen BUMN II dalam konferensi pers Update Persiapan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 secara daring pada Minggu (6/3/2022).

Dalam konferensi pers itu, dihadiri narasumber Menteri BUMN Erick Thohir, Wamen BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, Komandan Lapangan MotoGP Hadi Tjahjanto, dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Menurut Wamen Kartika, Perusahaan BUMN juga telah berinvestasi untuk mempercantik pintu gerbang kedatangan pengunjung atau penonton gelaran MotoGP kedua di 2022 ini.

Dalam hal ini PT Angkasa Pura I (persero) telah merenovasi bandara Lombok Praya (Lombok Praya International Airport) dan PT Pelabuhan Indonesia (persero) atau Pelindo telah meningkatkan fasilitas di Pelabuhan Gilimas, Lombok.

Selain itu, katanya, Pertamina juga telah memberikan sponsorship dalam sirkuit Mandalika, yakni dengan pemberian nama Pertamina Mandalika International Street Sirkuit.

“Kemudian Bank Mandiri (PT Bank Mandiri (Persero) Tbk), Bank BRI (PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk) dan Telkom (PT Telkom Indonesia(persero) Tbk) yang akan memiliki lounge 360 derajat di atas bukit dan menjadi ikon BUMN,” jelasnya.
Lebih lanjut Wamen Kartika menjelaskan, saat ini perusahaan BUMN terkait juga sedang menyelesaikan pembangunan tahap akhir dari sirkuit Pertamina Mandalika International Street Sirkuit.

Kabar terbaru pembangunan sirkuit tersebut menurutnya telah tersebar di media sosial (medsos) terutama YouTube yang diunggah oleh masyarakat dan instansi terkait.

“Banyak yang posting (di medsos) bahwa grand stand sudah 80 persen selesai. Ini termasuk gedung baru untuk VIP deluxe,” tuturnya.

Wamen Kartika juga mengungkapkan proses pengaspalan ulang kembali sirkuit Mandalika sudah mencapai 60 persen dan diharapkan selesai dalam dua hari lagi.

“Kami harapkan (resurfacing/pengaspalan ulang) 8 Maret 2022 selesai dan kami harapkan sesuai standar FIM dan Dorna,” tandasnya.

 

#Rn

Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.