Latest News

Semarakkan Pospeda Provinsi 2022, Kemenag Sumbar Hadiri Pembukaan Cabor Pencak Silat

Padang (Rangkiangnagari) - Kakanwil Kemenag Sumbar yang diwakili H Rinalfi hadiri pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) tingkat Provinsi tahun 2022. Kegiataan tersebut dipusatkan di Hall Bela Diri GOR H Agus Salim Padang, Selasa (29/03).

Dalam sambutannya, H Rinalfi menyampaikan Pospeda (Pondok Pesantren Daerah) adalah wahana untuk mewujudkan jati diri pondok pesantren yang sebenarnya yakni berlomba-lomba dalam kebaikan mengharap ridha Allah SWT. Filosofi ini hendaknya menjadi dorongan bagi santri dan seluruh pihak terkait, untuk dapat berprestasi dan berkreasi dalam olahraga dan seni dan juga dalam rangka mengharumkan nama bangsa dan NKRI.

Selanjutnya Rinalfi menambahkan hadirnya kegiatan ini tak luput dari terlaksananya Nota Kesepahaman antar Menteri Agama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pariwisata, yang diketahui oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

Dalam Nota Kesepahaman tersebut ditekankan sedikitnya ada tiga hal yaitu pertama, membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa, sehat jasmani dan rohani, berkualitas unggul, sportif, berdaya saing tinggi.

Kedua, meningkatkan budaya berolahraga dan seni yang bernuansa Islam serta apresiatif dalam rangka membina khazanah budaya bangsa. Terakhir, meningkatkan ukhuwah Islamiyah dikalangan santri dan dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Turut menghadiri kegiataan yang dibuka oleh Kadispora Sumbar, Ketua IPSI Prov. Sumatera Barat, Dewan Juri Cabang Silat, Kepala Kemenag Kab/Kota se-Sumatera Barat, Sub Koordinator Pd Pontren Yohanis, para Official dan Pelatih dan para Santri/wati Peserta Pospeda.

"Terimakasih kepada Dinas Pemuda dan Olahraga yang telah berjuang menganggarkan kegiatan ini hingga dapat kita ikuti bersama-sama saat ini." ucap H Rinalfi.

Lebih lanjut disampaikan juga dari hasil kompetisi dan seleksi pada Pospeda Provinsi nanti, kemudian seterusnya akan berlaga di Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) 2022 yang akan berlangsung di Makassar.

"Momentum ajang nasional yang diprakarsai Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI akan bersama sama kita persiapkan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Sumatera Barat Tahun 2022 ini," tukasnya.(Ayu)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Semarakkan Pospeda Provinsi 2022, Kemenag Sumbar Hadiri Pembukaan Cabor Pencak Silat Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana