Puluhan Warga Lubuak Batingkok Terima Sertifikat Tanah Program PTSL

LUBUAK BATINGKOK (RangkiangNagari) - Puluhan warga nagari Lubuak Batingkok, Kecamatan Harau, menerima sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Lima Puluh Kota, di Kantor Walinagari Lubuak Batingkok, Rabu (24/8).

Bupati Lima Puluh Kota, diwakili Camat Harau, Andri Yasmen, S.Sos, mengapresiasi warga yang telah ikut program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicetuskan oleh pemerintah pusat, guna memberikan kepastian hukum bagi warga masyarakat pemilik tanah.

"Terima kasih dan selamat bagi bapak ibu yang pada hari ini menerima sertifikat tanah melalui program PTSL ini," ucap Camat Andri Yasmen dihadapan warga penerima sertifikat tanah melalui PTSL, di kantor Walinagari Lubuak Batingkok.

Camat Andri Yasmen juga mengucapkan terima kasih kepada Walinagari Lubuak Batingkok dan Badan Pertanahan Nasional Lima Puluh Kota, atas pelayanan yang prima bagi warga yang melakukan PTSL, sehingga dalam waktu yang sangat singkat sertifikat tanah sampai ketangan warga Lubuak Batingkok.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lima Puluh Kota, Dona Safitri, ST,MT, mengungkapkan program PTSL ini sangat membantu masyarakat untuk memperoleh sertifikat tanah. Selain biaya murah, prosesnya juga cepat.

Dona Safitri menjelaskan, untuk dapat pelayanan program PTSL, warga harus melengkapi persyaratan di kantor Walinagari. Setelah lengkap, Walinagari akan menyerahkan dokumen tersebut ke BPN Lima Puluh Kota guna diproses.

"Asalkan syaratnya lengkap di kantor Walinagari, insyaallah prosesnya cepat. Ini belum sampai enam bulan, sertifikat tanah nya sudah keluar, bahkan ada yang mendaftarkan atas nama kaum adatnya," ungkap Dona Safitri.

Dona Safitri menambahkan, hari ini diserahkan 20 sertifikat dari 70 Sertifikat tanah yang telah selesai. Sisanya akan diserahkan ketika kegiatan penyerahan sertifikat bersama presiden tahun ini.

Dona Safitri mengajak warga agar segera out program PTSL, karena program ini digilirkan ke nagari lain. "Bapak ibu yang ingin, segera urus, karena program ptsl digilirkan ke nagari lain," himbau kakan PBN Lima Puluh Kota yang ramah dan mudah senyum ini.

Walinagari Lubuak Batingkok, E. Dt. Pangulu Bosa mengatakan, pihaknya mengusulkan 6.000 persil sertifikat, namun baru 450 yang mendaftar. Untuk itu Walinagari mengajak agar warga segera memanfaatkan kesempatan, selama program PTSL masih ada.

"Program PTSL ini terbatas, tahun depan mungkin tidak ada lagi dinagari Lubuak Batingkok, karena itu kepada warga agar segera ikut PTSL ini," ajak Walinagari.

 

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.