SUKSESKAN GERAKAN NASIONAL BANGGA BUATAN INDONESIA, APKASI GELAR APN 2022

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Sebagai salah satu bentuk dukungan atas momentum pemulihan ekonomi di daerah, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar pameran Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) pemerintah terbesar di Indonesia melalui ajang Apkasi Procurement Network (APN) Tahun 2022.  

APN 2022 berlangsung di Hall A1 JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada 24-26 Agustus 2022,  dan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, Rabu (24/08/2022).

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam sabutan laporannya di hadapan Mendagri mengatakan, kegiatan APN digagas sebagai bentuk kewajiban moral untuk ikut menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Produk UMK dan Koperasi.

“APN 2022 ini merupakan inisiatif Apkasi sebagai ajang mempertemukan end user barang/jasa dengan para penyedia barang/jasa pemerintah agar tahap perencanaan anggaran dan persiapan PBJ pemerintah dapat dilaksanakan secara baik”, ujar Bupati Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat itu.

Selain itu, katanya, dengan kegiatan ini, pemerintah daerah (pemda) dapat melihat secara langsung kualitas barang-barang yang ditawarkan dan tidak sebatas hanya melihat melalui e-Katalog yang disiapkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). 

“Melalui kegiatan ini, pemerintah daerah dapat menghindari perusahaan-perusahaan fiktif penyedia barang dan jasa”, lanjut Sutan Riska.

Diterangkannya, 416 Kabupaten Seluruh Indonesia siap mendukung langkah-langkah strategis LKPP melalui perbaikan ekosistem pengadaan barang/jasa dalam rangka peningkatan produk dalam negeri, produk UKM dan Koperasi menuju Indonesia Maju melalui percepatan penayangan produk katalog nasional dan menargetkan pembentukan katalog lokal dan sektoral di lebih dari 400 Instansi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah untuk menggeliatkan ekonomi daerah.

“Kami seluruh anggota yang tergabung dalam Apkasi siap menerima arahan dan petunjuk Pak Mendagri dan Pak Presiden demi mensukseskan seluruh program pemerintah, terutama dalam menggalakkan pemakaian produk dalam negeri”, tukas Sutan Riska

Sementara Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan apresiasi langkah Apkasi yang menyelenggarakan APN 2022. 

Tito menilai langkah kongkrit yang ditempuh Apkasi sangat membantu pihaknya dalam kampanye penggunaan produk dalam negeri. 

“Tugas saya sebagai Mendagri tentu mendukung strategi yang telah dikembangkan oleh LKPP dan mendorong kepada pemerintah daerah agar minimal 40% dari belanja barang dan jasa menggunakan produk dalam negeri,” katanya

Namun demikian kata Tito, selain kampanye ajakan bangga produk dalam negeri perlu adanya langkah-langkah kongkrit dengan sedikit ‘memaksa’ khususnya pemerintah daerah dan BUMN.

“Ini momentum bagi kita semua di tengah situasi global yang tidak menentu, dimana kita dihantui bayang-bayang krisis yang melanda hampir semua negara di dunia, maka salah satu strategi kita adalah menggunakan produk dalam negeri, memproduksi sebanyak mungkin di dalam negeri sendiri," jelas Tito. (Rn/Wy)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.