Latest News

Penerbangan Internasional Kembali Dibuka, Kemenkumham Minta Petugas Tingkatkan Pengawasan Orang Asing

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) – Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Barat Novianto Sulastono meminta petugas meningkatkan pengawasan terhadap orang asing di daerah itu, terutama terkait dengan akan dibuka kembali penerbangan internasional di Bandara Internasional Minangkabau.

“BIM (Bandara Internasional Minangkabau) akan dilakukan re-opening untuk penerbangan internasional sebagai entri poin tanggal 1 Oktober 2022. Tentunya akan ada peningkatan orang asing yang datang ke Sumbar,” ujarnya di Payakumbuh, Rabu (28/9).
Ia menyebutkan saat ini terdapat 250 orang asing di Sumbar. Sebanyak 150 orang di wilayah kerja Kantor Imigrasi Padang dan 100 orang di wilayah kerja Kantor Imigrasi Agam.

Dia mengatakan penerbangan internasional yang dibuka kembali pada 1 Oktober 2022 tersebut untuk penerbangan BIM menuju Kuala Lumpur dengan pelaksanaan dua kali dalam sepekan.

Ia juga mengatakan bahwa penerbangan internasional melalui daerah setempat akan memberikan dampak positif bagi Sumbar. Namun dengan meningkatnya kedatangan orang asing ke Sumbar tentu harus diimbangi dengan peningkatan pengawasan orang asing.

“Salah satunya dengan Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) ini, kita saling tukar-menukar informasi terkait ini. Kita harus meningkatkan koordinasi,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap masyarakat ikut serta dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing di lingkungan sekitar.

“Apabila di sekitarnya ada orang asing yang melakukan kegiatan yang dicurigai, segera melapor ke Tim Pora,” ujarnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam Qriz Pratama mengatakan pihaknya tidak dapat bekerja sendiri dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing.

“Kita membutuhkan dukungan dari semua pihak, mulai dari Tim Pora yang harus selalu menjaga koordinasi sampai dengan partisipasi seluruh masyarakat,” katanya. 


#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Penerbangan Internasional Kembali Dibuka, Kemenkumham Minta Petugas Tingkatkan Pengawasan Orang Asing Rating: 5 Reviewed By: Umarzam