SMAN 1 Harau Laksanakan Kegiatan Pemilihan Ketua Osis Periode 2022/2023

Limapuluh Kota (RangkiangNagari) – Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 2, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Di mana rakyat memiliki sebuah kekuasaan yang diserahkan kepada negara untuk menjalankan fungsinya. Kedaulatan rakyat merupakan ajaran dari demokrasi, kekuasaan berada di tangan rakyat. Sehingga rakyatlah yang sepenuhnya memegang kekuasaan negara.

Demokrasi dapat berjalan dengan baik jika didukung kesadaran yang memadai dari rakyat, penegakan hukum, dan infrastruktur yang baik.
Untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi yang memadai dari rakyat termasuk generasi muda diperlukan adanya pendidikan demokrasi melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn).

Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Harau periode 2022/2023 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh siswa SMAN 1 Harau.

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Harau dilaksanan pada Senin, (12 /9/ 2022). Setelah berakhirnya masa tugas pengurus OSIS periode 2020/2021. Pada kesempatan ini pemilihan ketua OSIS SMA Negeri 1 Harau dirancang sama seperti yang dilaksanakan pada saat pemilihan umum.

Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon ketua OSIS yang dipilih dari siswa kelas X, dan XI yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan.
Setiap siswa diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan calon ketua OSIS. Diharapkan semua siswa menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan.Dimulai dengan debat antar Kandidat ketua osis dan wakil ketua osis, yang bertempat di Aula SMAN 1 Harau, yang di saksikan langsung oleh kepala sekolah, majelis guru beserta siswa lainnya.
Kepala sekolah ,Drs Afrizal berharap dengan adanya pemilihan ketua osis tahun ajaran 2022/2023 ini hendaknya Kegiatan pemilihan Ketua OSIS bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar Pemilihan ketua OSIS,serta siswa bisa tau bagaimana caranya berorganisasi, sebab Osis ini juga tempat melatih calon pemimpin masa depan ujar kepsek.
Hal senada juga diungkapkan Rehan mantan ketua Osis lama 2020/2021 ,berharap Osis yang baruini di tangan mereka nama osis lebih baik dan lebih di segani sekolah, Osis bukan babu sekolah , tapi Asisten sekolah , yang merupakan perpanjangan tangan sekolah tukuk mantan ketua Osis tersebut.

Acara pemilihan ketua Osis SMAN 1 Harau berlangsung seru dan sangat kompak,dan kekeluargaan, mulai dari debat, penyampaian visi misi serta pencoblosan.
Pengumuman hasil perolehan penghitungan suara pemilihan ketua OSIS disampaikan oleh pembina OSIS dan team panitia kegiatan pemilihan Osis .Apapun hasilnya, pastilah yang terbaik untuk masa depan dan kebaikan SMA Negeri 1 Harau.

Adapun ketiga kandidat tersebut adalah
1.zikri Saputra XI Ipa 5
Atanasius Moses E8.

2. Abdullah tohari 11 Ips 4
Adibillah E1.

3. Ami sabilla 11 Ipa 3
M. Haziq E4.


#Rn


[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.