Di Luhuang Padang Pariaman, Badan Jalan Amblas ke Jurang Dalam

PARIK MALINTANG (RangkiangNagari) - Ada ruas jalan, jalan Provinsi, yang amblas di Luhuang, Nagari Kuranji Hulu, Sungai Garinggiang, Kabupaten Padang Pariaman. Kejadiannya sudah lama. Sekitar dua tahun lalu.

Akibat ambruknya badan jalan, masyarakat menjerit. Tak hanya yang tinggal di Kuranji Hulu, melainkan juga masyarakat daerah lain. Apa pasal?
Jalan yang menghubungkan Sungai Limau dengan Lubuak Basuang, Kabupaten Agam tersebut adalah urat nadinya masyarakat. Tanpa jalan itu, ekonomi masyarakat terganggu.

Selain aktivitas usaha, amblasnya badan jalan di Luhuang sejak dua tahun lalu itu juga berdampak pada aktivitas sosial dan pendidikan masyarakat.

Seperti disebutkan Eri, warga Kuranji Hulu, tadinya, untuk bisa keluar dari isolasi akibat amblasnya badan jalan, mereka terpaksa melewati jalan lain yang kecil dan, dibeberapa titik terlihat juga terancam amblas ke jurang.

Belakangan, kondisi jalan di Luhuang tampak semakin parah. Tapi, dengan adanya upaya masyarakat dan pemerintah, kini bisa dilalui.

Terkait hal itu, Walinagari Kuranji Hulu, Salman Hardani, yang dihubungi Singgalang, Senin (15/5) menyebutkan bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana untuk perbaikan jalan yang amblas tersebut.

“Alhamdulillah, alat berat sudah datang. Pemerintah mengalokasikan dana sekitar Rp 9 miliar lebih untuk pengerjaannya,” ujar walinagari.

 

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.