Akankah "Rebound" Suara Prabowo

Jakarta (Rangkiangnagari) - Menteri Pertahanan dan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi daerah Sumatera Barat, Sabtu, (29/4).

Dijadualkan Prabowo berada di Sumbar selama dua hari Sabtu dan Minggu. Selama dua hari di Ranah Minang,  Prabowo menghadiri acara di Tanah Datar “Baralek Gadang”, yaitu melaksanakan Prosesi Adat Melewakan Gala (Gelar) kepada Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker RI) Ir. Afriansyah Noor, ST, M.Si, IPU yang menyandang Gala Adat Datuak Rajo Basa.

Prosesi Melewakan Gala digelar di Istano Basa Pagaruyuang, Sabtu (29/04). Selain itu Prabowo menghadiri lomba  gelaran Pacu Kuda Wirabraja Tanah Datar Open Race dan Tradisional yang digelar Minggu (30/4/2023).

Sebagai orang yang gemar berkuda, Prabowo memang kerap diundang dalam helatan pacu kuda seperti yang digelar di Tanah Datar ini.

Prabowo mengatakan, acara pacu kuda yang digelar di Tanah Datar, Sumbar ini menjadi hiburan bagi masyarakat. Apalagi, iven ini  kerap dilakukan setiap tahun dan kali ini gratis.

Dia berharap, Pemda Tanah Datar dan stakeholder di Tanah Datar dan Sumbar bisa terus melestarikan acara yang dinanti-nanti masyarakat ini.

“Saya sering berada di lapangan ini saat kecil dulu. Masih umur lima tahun. Sama dengan pulang kampung rasanya ke sini, kata Prabowo.

Sumbar sudah seperti kampung halaman kedua bagi saya. Terima kasih saya diterima di sini,” kata Prabowo jelang membuka acara yang dihadiri Yusril Ihza Mahendra, Anggota DPR RI Andre Rosiade, Bupati Tanah Datar Eka Putra dan lainnya.

Selama di lokasi lomba pacuan, Prabowo juga banyak yang mengelukan Presiden.

Memang selama Prabowo mengunjungi daerah ini selalu disambut hangat oleh masyarakat. Apalagi ia punya hobi berkuda pula.

Prabowo kecil juga lama di Sumbar. Hal ini merupakan modal bagi Prabowo untuk selalu bersama orang Minang.

Menebus hutang kepada masyarakat Minang, Prabowo menyerahkan 20 unit ambulance untuk daerah ini.

Dengan pendekatan seperti itu, apakah sudah cukup untuk mengembalikan suara Prabowo yang pernah melambung di Sumatera Barat.

Pada pilpres 2019, misalnya rekap Suara Prabowo pernah 85,95% di Sumbar dan  Jokowi waktu itu hanya 14,05%. Sangat luar biasa timpang nya. Dihitung suara nya waktu itu Prabowo-Sandi memperoleh suara 2.488.733, sementara pasangan Jokowi-Amin mendapat 407.761. 

Walaupun Prabowo dan Sandi kalah, secara nasional di pilpres tersebut, namun orang Minang tetap punya perhatian kepada Prabowo.

Tetapi semenjak Prabowo dan Sandiaga Uno masuk ke dalam pemerintahan Jokowi yaitu Menteri Pertahanan dan Sandi Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif  sebagian besar pendukungnya  mulai kecewa dan tidak lagi berempati

Rasa kecewa itu terdengar dimana-mana. Saya beberapa kali mendengarkan rasa kecewa itu. Empati pun mulai menghilang.Apalagi di dalam pemerintahan sekarang sering terjadi kontroversi, masalah agama, ekonomi dan sosial lainnya.

Dalam kondisi seperti itu tiba-tiba datang Anies Baswedan. Dalam setiap statement dan sikap, Anies agak lebih bisa diterima oleh masyarakat Sumbar.

Terlihat ketika Anies Baswedan mengunjungi Sumbar pada 4 Desember tahun lalu. Masyarakat sangat antusias untuk bertemu Anies. Bahkan dalam kondisi hujan pun mereka datang untuk melihat dan mendengarkan pidato Anies. 

Sosok Anies sebagai orang yang " low profil" dalam menghadapi lawan politiknya sangat diapresiasi oleh masyarakat Minang di kampung.

Aura  Anies sebagai seorang pemimpin semakin terlihat begitu ia berbicara menghadapi  serangan yang ia hadapi dari lawan politiknya.

Dalam gonjang-ganjing politik dan keadaan ekonomi saat ini, Anies nampaknya bisa merumuskan persoalan dan mencarikan jalan keluarnya.Dan lebih adem.

Memang pemikiran nya agak berseberangan dengan kebijakan hari ini yang dinilai kurang pro rakyat. Issu masalah China semakin kencang di era ini. Bahkan DPR.RI yang diharapkan sebagai penyeimbang tidak juga bisa berbuat banyak.

Dengan kondisi seperti itu apakah suara Prabowo bisa "rebound" seperti pemilu terdahulu, walaupun Prabowo sudah menyerahkan 20 ambulance sebagai bentuk pembayaran hutang kepada masyarakat Minang. Mari kita tunggu. ***

Labels: ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.