Ampukah Pakem 3-4-3 Coach STY

JAKARTA (RangkiangNagari) - Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di matcdhay kedua Grup D Piala Asia 2023 pada Jumat, (19/1) malam ini tepatnya pukul 21.30 WIB.

Setelah kalah 1-3 dari Irak di matchday pertama Grup D, Timnas Indonesia wajib menumbangkan Vietnam. Sebab, hanya kemenangan yang bakal menjaga asa skuad Garuda lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.
Namun, tak mudah bagi skuad Garuda mengalahkan Golden Star Warriors –julukan Timnas Vietnam. Terakhir kali Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam di leg I semifinal Piala AFF 2016.

Selain itu, Vietnam juga tampil garang saat kalah 2-4 dari Jepang di laga pertama. Hal itu membuktikan Vietnam bukanlah lawan sembarangan yang bisa menyulitkan Timnas Indonesia.
Demi menumbangkan Vietnam, pola apa yang bakal dipilih pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat melawan Vietnam? Shin Tae-yong diprediksi mengandalkan formasi yang sama saat kalah 1-3 dari Irak, yakni 3-4-3.

Hanya saja, diprediksi bakal ada perubahan beberapa komposisi pemain. Posisi penjaga gawang masih akan dikawal Ernando Ari.

Selanjutnya tiga bek sejajar ditempati Rizky Ridho, Jordi Amat dan Elkan Baggott. Kemudian, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama kemungkinan besar bakal diturunkan sebagai starter di laga kontra Vietnam.

Sandy Walsh hanya main beberapa menit melawan Irak, sedangkan Shayne Pattynama absen karena baru saja tiba di Qatar. Untuk pengisi dua gelandang hampir pasti masih ditempati duet Ivar Jenner dan Justin Hubner.
Bagaimana untuk pengisi lini depan? Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan masih layak diandalkan, mengingat gol Timnas Indonesia ke gawang Irak berkat kontribusi keduanya. Posisi ujung tombak yang di laga kontra Irak diisi Rafael Struick, dapat diberikan kepada Ramadhan Sananta.

Lalu, bagaimana kesiapan Vietnam? Juru taktik Philippe Troussier berkemungkinan besar memakai skema 3-4-2-1. Pemain yang diprediksi bakal diturunkan adalah Filip Nguyen (GK), dan lainnya seperti Tuan Tai Phan, Bui Hoang Viet Anh, Thanh Binh Nguyen; Vo MInh Trong, Nguyen Tuan Anh, Thai Son Nguyen, Pham Xuan Manh; Dinh Bac Nguyen, Hung Dung Do; dan Tuan Hai Pham.
Media asal Vietnam, The Thao247 menyebut Timnas Indonesia tak ada harapan untuk menang saat berjumpa Golden Star Warriors –julukan Timnas Vietnam. Sebab tekanan yang diterima Garuda dinilai media Vietnam itu lebih besar sehingga bakal kesulitan untuk mencuri poin saat berjumpa pasukan Philippe Troussier.

Karena alasan itu pula, The Thao247 menilai Timnas Indonesia akan tersingkir lebih cepat dari Piala Asia 2023 jika kalah dari Vietnam. Sebab laga terakhir Timnas Indonesia adalah melawan Jepang, yang tentu sulit menaklukkan tim terkuat di Asia tersebut.
“Tak hanya menang untuk menjaga asa terus, Vietnam juga berpeluang menyingkirkan Indonesia di Piala Asia 2024 tepat di laga kedua. Jika menang, pelatih Troussier dan anak asuhnya akan mendapat 3 poin dan Jepang melanjutkannya (juara Grup D), kita menang melawan Irak, Indonesia akan tersingkir lebih awal,” tulis The Thao247, Kamis (18/1) seperti dikutip dari Okezone.

The Thao247 pun menilai Timnas Indonesia akan kembali gagal mendapatkan poin di laga kedua. Sedangkan Jepang akan mendapatkan poin penuh saat melawan Irak.

“Dalam skenario ini, Jepang akan mendapat 6 poin, Vietnam dan Irak sama-sama mendapat 3 poin, dan Indonesia di peringkat terakhir dengan 0 poin,” sambung The Thao247.

“Tekanan terhadap Indonesia pada laga mendatang melawan Vietnam sangat besar. Kedua tim harus bermain dengan tekad besar dalam pertandingan bertahan hidup mereka,” tutup media Vietnam tersebut.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.