Quartararo Juarai GP Andalusia

JAKARTA (RangkiangNagari) – Pebalap tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo merebut kemenangan keduanya di MotoGP setelah tampil dominan di Grand Prix Andalusia, di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu.

Pebalap asal Prancis itu mengonversi pole position keduanya musim ini menjadi kemenangan mudah di saat juara bertahan Marc Marquez batal tampil karena cedera.Quartararo finis 4,495 detik di depan duet pebalap pabrikan Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi, yang naik podium lagi setelah terakhir kali finis runner-up di Texas tahun lalu, demikian laman resmi MotoGP.Yamaha pun menyapu bersih podium hari itu, capaian yang terakhir kali pabrikan asal Jepang itu rayakan di atas podium Phillip Island 2014.

Quartararo menjalani seri kedua musim 2020 itu tanpa perlawanan berarti karena tak terkejar oleh rival-rivalnya sejak start.Pada usia 21 tahun 97 hari Quartararo menjadi pebalap termuda kedua yang menjuarai dua seri beruntun di kelas premier setelah Marc Marquez (20 tahun 154 hari), ketika itu di seri Jerman dan Amerika Serikat pada tahun 2013.

Drama terjadi setelah start ketika Miguel Oliveira (KTM Tech 3), yang meraih posisi start terbaiknya di P5, gagal menyintas tikungan pertama karena terlibat senggolan dengan rookie tim KTM Factory Racing Brad Binder hingga membuat pebalap Portugal itu terpelanting dari motornya. Bradley Smith juga terpaksa menghindari insiden tersebut.

Takaaki Nakagami finis P4 untuk tim LCR Honda, mengungguli pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir di P5.

Sementara Andrea Dovizioso mengamankan poin di P6 dan menjadi satu-satunya pebalap Ducati yang finis hari itu.Demikian juga Pol Espargaro yang finis P7 sebagai satu-satunya pebalap KTM yang mampu menyelesaikan lomba setelah Oliveira, Brad Binder dan Iker Lecuona bertumbangan.

Alex Marquez mendapati hasil finis terbaiknya di P8, sedangkan Johan Zarco (Avintia) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar), yang sedang memulihkan diri dari cedera bahu, melengkapi finis 10 besar hari itu.

Cal Crutchlow yang mengalami cedera skafoid finis mengemas poin terakhir yang tersedia ketika pebalap tim LCR Honda itu finis P13 setelah Tito Rabat (Avintia) dan Bradley Smith (Aprilia).

Hanya ada 13 pebalap yang finis di Sirkuit Jerez yang bersuhu tinggi hari itu, dan setelah sejumlah insiden.

#Ryan
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.