Latest News

BPOM Padang Siap Awasi Pendistribusian Vaksin Covid-19 di Sumbar

Padang (RangkiangNagari) – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang siap melakukan pengawasan pendistribusian vaksin Covid-19 di Sumbar.

“Kami siap mengawal vaksin ini untuk menjaga keamanan dan mutunya,” kata Kepala BBPOM Padang, Firdaus Umar kepada wartawan, Selasa (5/1).Firdaus mengatakan, untuk menjaga mutu dan kualitas vaksin tersebut, pihaknya akan melakukan pemeriksaan sampel secara acak sebelum didistribusikan ke kabupaten atau kota yang ada di Sumbar.“Vaksin ini harus disimpan di dalam suatu tempat dengan suhu 2-8 derajat celcius agar tetap dalam keadaan baik sampai diberikan kepada penerima,” ujar Firdaus.

Sebelumnya, satu truk kontainer yang berisikan vaksin Sinovac untuk Sumbar tiba di Padang Selasa (5/1) pagi ini.‎ Vaksin yang dikirim Biofarma itu datang dikawal oleh mobil polisi dari Mako Brimob Polri. Vaksin untuk Sumbar sebanyak 36.920 dosis yang dimuat dalam 19 koli.

Meski begitu, pelaksanaan kegiatan vaksin masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Karena sampai saat ini kementerian kesehatan, masih menunggu perizinan, seperti dari BPOM.

Data Dinas Kesehatan Sumbar, tenaga kesehatan dan relawan yang terdaftar sebagai penerima vaksin sebanyak 40 ribu orang. Namun, yang akan masuk ke dalam penerima vaksin sekitar 18 ribu orang.‎ Karena, jumlah penerima vaksin hanya setengah dari jumlah dosis vaksin yang diterima, untuk pelaksanaan kegiatan vaksinasi, satu orang mendapat jatah dua kali penyuntikan.

 

#Ryan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: BPOM Padang Siap Awasi Pendistribusian Vaksin Covid-19 di Sumbar Rating: 5 Reviewed By: Umarzam