Latest News

Komitmen Bupati Dharmasraya,Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE dalam memajukan khususnya sektor pendidikan tak perlu diragukan

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Komitmen Bupati Dharmasraya,Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE dalam memajukan khususnya sektor pendidikan tak perlu diragukan. Berbagai langkah dan upaya telah dilakukan,seperti kedekatan dan jaringannya dengan pemerintah pusat terus dimanfaatkan untuk membangun  Dharmasraya demi meningkatkan mutu pendidikan.  

Beberapa bukti atas upaya tersebut adalah memastikan penggelontoran anggaran serta bagaimana mendatangkan bantuan Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) terus bergulir ke daerah berjuluk ranah cati nan tigo itu. 

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Dharmasraya terus memperoleh DAK sejak berapa tahun terakhir, misalnya data 2017 DAK pendidikan daerah itu tercatat sebanyak Rp 5,04 miliar, pada 2018 Rp 11,8 miliar, 2019 Rp 35,8 miliar, dan 2020 Rp 44, 2021 39,8miliar. 

Tahun ini, Kabupaten Dharmasraya kembali memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp18,1 miliar untuk kegiatan pembangunan infrastruktur pendidikan di daerah itu. 

"DAK pendidikan 2022 untuk rehab bangunan, peningkatan mutu, bangun baru, dan lainnya," ungkap Kasi Saranan Dan Prasarana Dinas Pendidikan Dharmasraya Bimbo Noviandri. 

Dikatakannya, alokasi yang berasal dari pemerintah pusat disebar untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Dharmasraya

Pihaknya merinci, dana 18.1 miliar diperuntukkan bagi Sekolah Dasar Rp11,8 miliar, Sekolah Menengah Pertama Rp4,2 miliar dan Rp2,05 miliar untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 

Ia berharap serapan pengerjaan kegiatan tersebut berjalan dengan baik serta dikerjakan secara profesional nantinya, pihaknya akan melakukan pengawasan agar pembangunan berjalan sebagaimana mestinya. 

Ia mengatakan denga perolehan DAK akan membatu percepatan pembagunan infrastruktur sekolah di daerah itu.

"Kami pemerintah daerah tentu berterimakasih atas perhatian pemerintah pusat untuk kemajuan pendidikan Dharmasraya dengan dana DAK," katanya. 

Ia mengatakan tingginya kepercaya pusat menyalurkan dana tidak berlepas dari pengusulan data data pokok pendidikan (Dapodik) yang disusun dengan baik.

"Selain persyaratan lain yang harus dilengkapi, rapinya data Dapodik sangat mempengaruhi sekolah untuk mendapatkan DAK tahun ini," katanya( rls/tm)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Komitmen Bupati Dharmasraya,Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE dalam memajukan khususnya sektor pendidikan tak perlu diragukan Rating: 5 Reviewed By: Ryan Permana