Latest News

 Satwa yang Dilihat Warga Aripan Binturong Bukan Beruang

SOLOK (RangkiangNagari) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menyebutkan, satwa yang terlihat oleh warga Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kab. Solok adalah binturong. Hewan ini sejenis dengan musang tapi ukurannya lebih besar.
Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono, Jumat (16/12) menyatakan, sehari sebelumnya Kamis 15 Desember 2022 ada laporan masuk di WAG WRU Balai KSDA Sumatera Barat bahwa adanya kemunculan satwa liar beruang madu beserta anaknya di Nagari Aripan.

“Berdasarkan berita tersebut petugas Resort Barisan Solok langsung menuju ke Nagari Aripan untuk memverifikasi dan mengindentifikasi laporan tersebut,” kata Ardi.

Hasil  koordinasi dengan Walinagari  Aripan Irwan, diketahui warga yang bertemu langsung dengan satwa tersebut.

Petugas Resort Barisan beserta Walinagari Aripan dan beberapa warga menuju ke lokasi penampakan satwa tersebut. Lokasi penampakan satwa tersebut berupa APL yang merupakan perladangan masyarakat. Di lokasi penampakan tersebut tidak ada ditemukan bekas jejak  atau cakaran satwa yang dilaporkan beruang tersebut.

Petugas kemudian menanyakan kepada warga ciri-ciri satwa tersebut. Dari hasil jawaban Sdr Hariri ciri-ciri satwa tersebut mengarah kepada binturong (Arctictis binturong). Hal itudiyakini  dengan memperlihatkan gambar binturong.

Menurut warga penampakan binturong ada 3 ekor terdiri dari 1 ekor induk betina dan 2 ekor anaknya.

Selanjutnya petugas membuat berita acara verifikasi di kantor Walinagari Aripan sambil meminta bantuan kepada walinagari untuk mengimbau kepada masyarakat sekitar lokasi penampakan agar waspadai ancaman dari satwa Binturong terhadap ternak peliharaan masyarakat.

 

#Rn

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Comments:

Posting Komentar

Item Reviewed:  Satwa yang Dilihat Warga Aripan Binturong Bukan Beruang Rating: 5 Reviewed By: Umarzam